Agus Fatah : PKK Kecamatan Cilodong Selenggarakan Lomba Literasi

FOKUSATU– Jumat, 12 Mei 2023 PKK Kecamatan Cilodong menyelenggarakan Lomba Literasi bertempat di aula serbaguna Kecamatan Cilodong.

Lomba literasi ini diikuti oleh para kader PKK kelurahan se-kecamatan Cilodong Depok. Bertindak sebagai dewan juri Ibu Danistya dan Bapak Agus Salim dari TP PKK Poksus TBM dan Literasi Kota Depok beserta Ibu Marisa praktisi dan akademisi Universitas Negeri Jakarta.

Para peserta yang berasal dari 5 kelurahan di kecamatan Cilodong ini mempresentasikan makalahnya di hadapan dewan juri dan audiens dengan tema “Menumbukan Budaya Baca Sejak Dini”

Banyak inovasi program yang ditawarkan para peserta untuk menumbuhkan kembangkan budaya literasi di masyarkat antara lain-lain : GEMASENI (GEmar MembAca SEjak diNI), GELITERBAKU (GErakan LITERasi BAca buKU),TARIBA KUMAS (lesTARI BAca buKU di lingkungan dan MASyarakatnya), BAPON BUTA (BAtasi Penggunaan handpON BUka cerita TAman baca) dan lain sebagainya

Presentasi peserta mendapatkan apresiasi dan masukan positif dari para dewan juri. Dewan juri berharap agar para peserta lebih menguasai materi dan terus meningkatkan kemampuan presentasinya sehingga tampil lebih percaya diri dengan tetap menjadi diri sendiri dan mampu menggerakan hati audiens untuk ikut serta berpartisipasi.

Lomba literasi ini bertujuan mengkampanyekan gerakan gemar membaca di masyarakat dan memberikan apresiasi kepada para penggiat literasi di kecamatan Cilodong atas usaha mereka menumbuh kembangkan minat baca masyarakat melalui pemberdayaan keluarga dan taman baca masyarakat.

Gerakan Gemar Membaca (GGM) merupakan salah satu program unggulan PKK. Gerakan ini bertujuan menumbuh kembangkan minat baca sejak dini melalui pemberdayaan taman-taman baca yang terdapat di lingkungan.

“Beli sikat di Cibodas
Ke pasar baru beli gunting kuku
Jika ingin masyarakat cerdas
Mari budayakan membaca buku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 19 = 23