Dosen PAI PNJ Menyelenggarakan Pelatihan Memandikan dan Mengafani Jenazah Bersertifikat pada Masyarakat Kampung Bulak Sereh Cibubur Jakarta Timur

FOKUSATU– Hari Ahad, 30 Juli 2023 adalah hari spesial bagi pengurus masjid dan lingkungan di wilayah Cibubur, pasalnya pada hari ini diadakan acara spesial yaitu Kegiatan Pelatihan Memandikan dan Mengafani Jenazah Bersertifikat.

Program Pelatihan Memandikan dan Mengafani Jenazah Bersertifikat pada Masyarakat Kampung Bulak Sereh Cibubur Jakarta Timur dilakukan selama kurang lebih 6 bulan yang terdiri persiapan, pra pelaksanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Tahap persiapan dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni berupa penyiapan segala kebutuhan terkait modul, perizinan, sarana prasarana, perlengkapan, dan juga barang yang akan diberikan kepada masyarakat. Kegiatan ini rencananya akan dilakukan hanya untuk masyrakat Kampung Bulak Sereh Kelurahan Cibubur, tetapi setelah tim panitia melakukan koordinasi dengan pihak Kelurahan Cibubur, khususnya dengan bagian Kesra, disepakati bahwa cakupan peserta kegiatan ini diperluas menjadi untuk seluruh wilayah Kelurahan Cibubur dengan ketentuan setiap RW akan diwakili oleh empat orang peserta. Hal ini dilakukan karena pertimbangan bahwa pelatihan memandikan dan mengkafani jenazah ini sangat penting tidak hanya untuk masyarakat Kampung Bulak Sereh tapi juga untuk Kelurahan Cibubur. Maka demi mencapai kemanfaatan yang lebih luas, cakupan kegiatan ini diperluas untuk seluruh wilayah Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Total rencana jumlah peserta adalah 80 orang.
Tahap selanjutnya adalah pra pelaksanaan yang kegiatnnya meliputi Survei lapangan terkait persiapan di lokasi acara, menganalisis kemungkinan yang akan terjadi di lapangan dan upaya antisipasinya, menemui tokoh masyarakat dan mendata peserta yang akan mengikuti pelatihan di antaranya adalah Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ar-Ridho Kampung Bulak Sereh dan juga pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kelurahan Cibubur.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada hari Ahad, 30 Juli 2023 bertempat di aula Masjid Ar-Ridho Kampung Bulak Sereh Kalurahan Cibubur Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta terdiri dari perwakilan setiap RW di Kelurahan Cibubur serta pengurus DKM Masjid Ar-Ridho. Turut hadir pada kegiatan ini adalah dosen Pendidikan Agama Islam PNJ diantaranya : Ustadz Riza Hadikusuma, M.Ag., KH. Dr., Maryono , M.A., Ustadz Irwan Prasetya , S.Sos., M.Pd., Ustadz Hafiduddin , S.Ag., Habib Muhammad Yusuf , S.Pd., M.Psi. Kemudian narasumber kegiatan yaitu Ustadz Abdul Aziz sebagai Praktisi Pengurusan Jenazah, Dewan Komite Syariah RS Haji Jakarta, dan pemilik AATC (Abdul Aziz Training Centre) didampingi Ustadz Ma’ruf Hidayat, S.Pd.I., dan Ustadzah Intaha Fahmi, S.Pd.I.
Mewakili pihak masyarakat setempat yaitu Bapak Was’adi Tj selaku Pengurus DKM Masjid Ar Ridho, Bapak Nur Kamil Malik, S.T. selaku Ketua RW 013, Bapak Maman Sulaeman selaku Ketua LMK Cibubur, Ustadz Umardani, S.Ag selaku Ketua DMI Ranting Cibubur, dan juga Lurah Cibubur Bapak Agus Pramono, SE yang sekaligus membuka kegiatan Pelatihan.

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta sambutan-sambutan di antaranya dari Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat, DKM Masjid Ar-Ridho dan Kepala Kelurahan Cibubur sekaligus secara resmi membuka acara ini. Sesi berikutnya adalah penyampaian materi tentang bagaimana pemulasaraan jenazah menurut Islam yang disampaikan oleh Dr. Maryono, MA dosen Pendidikan Agama Islam di Politekik Negeri Jakarta. Selanjutnya adalah kegiatan utama yakni pelatihan memandikan dan mengkafani yang dipandu oleh Ustadz dari Yayasan. Setelah penjelasan tentang tata cara memandikan dan mengkafani jenazah tersebut, kemudian peserta melakukan praktik langsung secara berkelompok untuk memastikan bahwa peserta paham dan mampu melaksanakan kegiatan memandikan dan mengkafani jenazah.
Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pelatihan pada masyarakat tetapi juga mengembangkan kapasitas masyarakat dan pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi pengurus masjid, pengurus lingkungan, dan warga yang sering terlibat pada proses penyelenggaraan jenazah apabila ada warga sekitar yang meninggal dunia. Pengembangan kapasitas masyarakat dan pemberdayaan masyarakat yang dimaksud diantaranya :
Masyarakat yang mengikuti pelatihan dapat menjelaskan fiqh jenazah dengan benar.

Masyarakat yang mengikuti pelatihan dapat menjelaskan tatacara memandikan jenazah dengan benar.

Masyarakat yang mengikuti pelatihan dapat menjelaskan tatacara mengafani jenazah dengan benar.

Masyarakat yang mengikuti pelatihan dapat mempraktekkan tatacara memandikan jenazah dengan benar
Masyarakat yang mengikuti pelatihan dapat mempraktekkan tatacara mengafani jenazah dengan benar

Kegiatan ini telah diikuti lebih dari 100 orang dengan 80 orang diantaranya adalah peserta kegiatan pelatihan. Setiap peserta telah mendapatkan sertifikat sebagai tanda pernah mengikuti pelatihan memandikan dan mengafani jenazah yang baik dan benar sesuai dengan fiqih Islam. Setiap peserta juga mendapatkan buku saku sebagai pedoman memandikan dan mengafani jenazah dengan baik dan benar.

Semoga kegiatan yang dilakukan oleh dosen PAI PNJ ini dapat memberikan manfaat umumya bagi umat Islam, dan khususnya bagi warga Cibubur Jakarta Timur. Aamiin ya Rabbal Alaamiin.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 5 =