Kemenpora Release Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda ke 95 Tahun 2023

FOKUSATU– Pada tanggal 28 Oktober 1928, terjadi peristiwa bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia ketika para pemuda dari seluruh penjuru Indonesia berkumpul di Jakarta dalam Kongres Pemuda II. Dalam acara tersebut, mereka secara tegas menyatakan tekad mereka untuk bersatu dalam semangat persatuan dan bersama-sama melawan penjajahan, dan peristiwa ini dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Dilansir dari detik.com, setiap tahun pada tanggal 28 Oktober, rakyat Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda (HSP). Perayaan ini mengingatkan seluruh bangsa Indonesia akan sejarah perjuangan pemuda-pemuda Indonesia yang telah menanamkan semangat menjaga cinta tanah air dan berhasil menyatukan visi kebangsaan. Ini juga menghasilkan sebuah komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, serta menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Lantas, kapan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023?

Jadwal Hari Sumpah Pemuda 2023
Hari Sumpah Pemuda diperingati pada setiap tahunnya pada tangga 28 Oktober. Pada tahun ini, Hari Sumpah Pemuda jatuh pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023. Dikutip dari situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 akan digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo pada saat menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers, Selasa (17/10).

Tema Hari Sumpah Pemuda 2023
Dalam merayakan Hari Sumpah Pemuda 2023, Kemenpora juga telah merilis tema dan logo yang tertuang dalam Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023. Pada tahun ini, pemerintah mengeluarkan tema ‘Bersama Majukan Indonesia’. Tema ini juga mengandung tiga makna yaitu:

1. Membangun Semangat Kolaborasi dari semua elemen Bangsa dalam Memajukan Indonesia.
2. Memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 sehingga tercipta Pemuda Maju.
3. Meraih Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Logo Hari Sumpah Pemuda 2023
Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 Kemenpora juga telah merilis logo untuk memperingati Sumpah Pemuda 2023. Logo tersebut terdiri dari beberapa warna diantara lain, merah, hijau, kuning, dan biru. Selain itu logo Hari Sumpah Pemuda juga terdapat tulisan ’95 Tahun Sumpah pemuda’ yang diikuti dengan slogan yang berbunyi ‘Bersama Majukan Indonesia’

Dalam Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, logo Hari Sumpah Pemuda 2023 memiliki makna tersendiri, berikut penjelasannya:

1. Rationale Logo: Masing-masing bentuk merupakan stilasi 4 manusia yang mensimbolkan kolaborasi

2. Ragam warna yang menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya dengan heterogenitas sebagai dasar kekuatan. Beberapa orang yang membentuk lingkaran yang diwakilkan dengan beberapa warna menunjukkan semangat kolaboratif dalam orkestrasi “Bersama Majukan Indonesia”

Untuk mengetahui mengenai pelaksanaan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 ini, kamu dapat melihatnya di Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 melalui website resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia atau bisa juga melalui link berikut ini: https://image.kemenpora.go.id/files/pengumuman_file/2023/10/10/58/4089pedoman-hsp-2023.pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

68 − 63 =