Btari Wenona : “Gnosi Asfo”, Diam Mendengar, Bergerak Menjadi Penulis

FOKUSATU-Dalam rangka bulan bahasa dan memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021, OSIS MTsN 30 Jakarta Timur menggelar event GNOSI ASFO. “GNOSI ASFO” berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “Kegiatan Motivasi Literasi dan Teknik Menulis. Acara dilaksanakan via online di zoom meeting dan offline di ruang kelas MTsN 30 Jakarta. Diikuti oleh 593 peserta terdiri dari para siswa, guru dan karyawan dan umum.

Hadir pada acara tersebut Bapak Drs. Iman Suyuti M.Pd kepala MTsN 30. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, rendahnya budaya literasi (baca-tulis) di negeri ini harus menjadi penyemangat kita untuk bangkit menghidupkan budaya Iqro (membaca) yang merupakan perintah pertama ajaran Islam.

Webinar Motivasi dan Teknik Menulis ini menghadirkan nara sumber Bapak Agus Salim, Guru Motivator Literasi dari Forum Indonesia Menulis, dipandu oleh Bapak Sulaeman S.Pd. Dalam paparan materinya nara sumber memotivasi peserta dengan nyanyian, yel yel, kalimat motivasi dan kisah Imam Syafi’i yang memiliki semangat tinggi dalam menuntut ilmu : membaca dan menulis.

Bapak Agus Salim, juga memberi tips teknik membaca cepat dan mengajak peserta berimajinasi pergi ke luar negeri, seperti Mekah, Madinah, London, Jerman, Palestina, dan Italia.

Setelah memberikan motivasi, Beliau menyampaikan materi tentang teknik menulis berita. Menurut nara sumber yang aktif menulis dibeberapa media online, untuk menulis berita dibutuhkan informasi yang dapat digali melalui pertanyaan pertanyaan, menggunakan rumus 5W+1H, yaitu What (apa), When (kapan), Where (di mana), Who (siapa), Why (mengapa), dan How (bagaimana).

Selain menulis berita, dipaparkan juga materi tentang teknik menulis fiksi (fantasi), tips agar judul sebuah tulisan menarik, dan tips membangun mood untuk menulis. Di akhir sesi
narasumber memberikan penugasan untuk peserta : membuat tulisan tentang Acara Webinar tersebut.

“Kami, bersyukur, salut dan bangga dengan kerja solid pengurus OSIS, dukungan para orang tua guru dan pimpinan Madrasah hingga acara ini sukses menghadirkan jumlah peserta yang cukup banyak”, demikian ungkap Bapak Romelan S.Pd, MM Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan MTsN 30.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =