Azis Khafia : Jokowi dan Betawi

FOKUSATU– Jokowi memang bukan orang Betawi, dia asli orang Jawa tetapi pemahaman tentang kearifan lokalnya patut diacungi jempol, sejak menjabat Gubernur Jakarta ia melakukan banyak terobosan kebijakan di Jakarta.

Diantara terobosannya adalah yang terkait dengan kebijakan yang berbasis pembangunan masyarakat (base comunity development) dalam hal terkait dengan masyarakat inti Jakarta (Betawi) misalnya, Jokowi bersama DPRD menelurkan beberapa kebijakan terkait Pelestarian dan Pengembangan Budaya Betawi.

Ia mengangkat Sekda dari putra Betawi dan lain-lainnya. Saat ia menjabat Presiden Indonesia lagi-lagi ia memberikan kebijakan terkait dengan kearifan Betawi, Jokowi menerbitkan uang pecahan dua ribuan bergambar MH.Thamrin (Pahlawan Nasional dari Betawi) dan menerbitkan uang pecahan seratus ribu rupiah bergambar penari Betawi.

Dan kini dibulan juli 2023 Jokowi Melantik Wakil Menteri Agama Republik Indonesia, Saiful R Dasuki seorang aktifis Gerakan Pemuda Anshor yang merupakan Anak Betawi.

Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas kepercayaannya kepada Putra Betawi, demikian disampaikan Azis Khafia selaku Wakil Ketua Umum BAMUS BETAWI 1982 ketika di hubungi di Kantornya di BAPPILU DPP Partai HANURA dikawasan tebet Jakarta, Senin (17/07) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

80 − = 72