Agus Fatah : Hakikat Tadarus

FOKUSATU– Ada anak bertanya pada Bapaknya, Buat apa berlapar-lapar puasa

Ada anak bertanya pada bapaknya tadarus tarawih apalah gunanya

Lapar mengajar rendah hati selalu
Tadarus artinya memahami kitab suci
Tarawih mendekatkan diri pada Ilahi (Taufiq Ismail)

Ramadhan adalah bulan tadarus atau tadurasun begitu kata orang di kampung saya. Tadarus atau tadarusan dimaknai oleh sebagian besar kaum muslimin hari ini sebagai aktifitas membaca Al-Quran di bulan Ramadhan untuk mendapat pahala yang besar.

Pemahaman tentang tadurus atau tadarusan yang dimaknai hanya sebatas aktivitas membaca Al-Quran semata tanpa berupaya mempelajari dan memahami isi kandungan Al-Quran adalah pemahaman yang kurang relevan.

Karena hakikat tadarus, sesuai makna harfiahnya yakni darosa- yadrusu- tadarusan yang artinya mempelajari, mengkaji.

Sejatinya Al-Quran itu memang bukan hanya dibaca, tapi harus di pelajari, dikaji, dipahami dan diamalkan, karena alquran adalah petunjuk kehidupan.

Dan Alquran hanya akan berfungsi sebagai petunjuk jika ia dipelajari dan dipahami kemudian diikuti perintahnya dan di jauhi larangan nya.

Kini saatnya kaum muslimin memperbaiki pemahamannya tentang hakikat makna tadarus, sehingga Ramadhan kali ini akan lebih berkesan, karena bukan hanya pahala yang didapatkan dari aktifitas tadarus, tapi juga pemahaman tentang isi kandungan karena Al-Quran di pelajari, dipahami dan di amalkan.

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS: Al-Baqarah : 185)

Mari lanjutkan tadarus dengan pemahaman yang lurus jangan kasih putus, agar pemahaman kita tentang Al-Quran makin bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

42 − 37 =