Agus Fatah : SD Fitrah Lebah Gelar Botani Camp

FOKUSATU-Ayo kita menanam! Tanam-tanam tanaman!Bersama teman-teman, Menanam…!Haaarus itu…! .

Bogor, Ahad, 30, Januari 2022, Sekolah Fitrah Lebah Gunung Putri menyelenggarakan Botani Camp di Villa Bukit Hambalang Bogor,
dikuti oleh siswa-siswi kelas 1,2,3 dan 4 berjumlah 95 orang. Kegiatan tersebut berlangsung hingga 31 Januari 2022.

Kegiatan Botani Camp ini bertujuan menumbuh kembangkan kemandirian, keberanian serta kepedulian siswa terhadap lingkungan, demikian ungkap Pak Budi Santoso selaku Direktur sekolah Fitrah Lebah.
Aktivitas Botani Camp ini melibatkan team Maen Bareng sebagai instruktur dan fasilitator kegiatan.

Beragam aktivitas disiapkan oleh Team Maen Bareng antara lain : tenda challenge, games, outbound, tracking, science project, jungle cooking, planting mission dan lain-lain.

Hadir dalam Botani Camp ini Kak Agus (Aktivis Konservasi SIT Misbahussudur) dan Kak Qori (Fasilitator Outdoor Professional) sebagai nara sumber untuk sesi Planting Mission. Dalam presentasinya Kak Agus mengajak para peserta berbagi pendapat (sharing) tentang kenapa setiap orang harus menanam pohon, apa manfaat menanam pohon dan apa jadinya jika jumlah pohon semakin berkurang.

Dari hasil berbagi pendapat tersebut para peserta sepakat bahwa setiap orang harus menanam pohon karena menanam pohon itu penting dan banyak sekali manfaatnya.
Diantara manfaat menamam pohon antara lain : menyediakan pasokan oksigen dan air bagi manusia, mencegah longsor, menambah kesejukan dan keindahan lingkungan, menyediakan tempat tinggal bagi hewan, menikmati buahnya dan lain sebagainya.

Diakhir sesi Kak Agus yang juga aktif di organisasi Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Bogor menyemangati para peserta dengan yel-yel agar termotivasi untuk menanam:

“Ayo kita menanam!
Tanam-tanam tanaman
Bersama teman-teman
Menanam… !
Haaarus itu!

Lalu kak Agus memberi hadiah benih bunga kenikir kepada para peserta untuk ditanam di halaman sekolah. Sedangkan Kak Abi, fasilitator dari Maen Bareng memberikan bibit pohon sirsak dan matoa.

Sebelum Kak Agus
menutup sesi pemaparannya, ia mengajak para peserta menyanyi diiringi permainan gendang oleh kak Qori yang memang pandai memainkan alat musik perkusi.

” Bunga-bunga mekar
indah dan mewangi
Penuh warna-warni
ciptaan Ilahi…

Burung-burung bernyanyi
setiap pagi hari
Mereka bertasbih
kepada Ilahi…

Pohon-pohon tumbuh
hijau dan berbuah
Hatiku bahagia
mensyukuri nikmatnya
Yaa Ilahi Robii Tuhan Maha Suci…
Bimbinglah hambamu lestarikan bumi…

Bumi makin panas
Jangan cuma kipas-kipas
Ayo bertindak cerdas.
Tanam pohon, sekarang!

Demikian pesan Kak Agus.

*Agus Salim (Aktivitas Konservasi SIT Misbahussudur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

57 − 48 =