Agus Fatah : Geliat Literasi Di Masa Pandemi

FOKUSATU-Pandemi, hingga hari ini belum pergi dari bumi pertiwi. Masyarakat dan pemerintah masih harus berjuang “memukul mundur” covid 19 agar segera hengkang dari negeri ini.

Ditengah pandemi yang masih melanda, ada sekelompok anak muda peduli literasi dari Forum Indonesia Menulis yang terus berjuang menyalakan api semangat literasi agar tetap berkobar.

Forum Indonesia Menulis ditahun 2021 ini meluncurkan program 1000 Guru Motivator Literasi untuk menggerakkan budaya literasi disekolah. Pada bulan Agustus 2021 program 1000 Guru Motivator Literasi dilauching dan mendapat sambutan positif dari sekolah dan para guru di Indonesia. Tercatat ada 6000 lebih pendaftar yang ingin mengikuti program tersebut.

Dari hasil seleksi, terpilihlah 1000 lebih guru dari Sabang sampai Merauke yang layak bergabung dalam program ini dan berhak mengikuti kegiatan Training Of Coach setelah melalui seleksi ketat berupa penilaian karya tulis.

Usai kegiatan Training of Coach yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 September, kegiatan selanjutnya adalah implementasi program Wisata Literasi Siswa (WLS), Wisata Literasi Guru (WLG) dan Wisata Literasi Kepala Sekolah (WLK) berupa motivasi dan pelatihan menulis. Implementasi program ini melibatkan 1000 lebih sekolah di Indonesia dan para Guru Motivator Literasi alumni Training of Coach. Program tersebut dilaksanakan secara online dan off line. Implementasi program tersebut berlangsung mulai tanggal 6 September hingga 6 Oktober 2021.

Usai implementasi program wisata literasi, agenda berikutnya adalah pembuatan karya tulis oleh siswa dalam bentuk pantun dan puisi, sedangkan para guru dan kepala sekolah ditantang untuk menulis artikel tentang pengalaman mengajar selama pandemi dan memimpin sekolah.

Rencananya karya tulis tersebut akan diterbitkan dalam bentuk buku dan diikut sertakan dalam lomba antar sekolah se-Indonesia dalam ajang Anugerah Literasi Indonesia 2021.

Sungguh menarik mencermati program Guru Motivator Literasi 2021 yang di gagas dan diselenggarakan oleh Forum Indonesia Menulis ini. Ditengah kondisi pandemi yang melanda negeri, ternyata geliat aktivitas literasi di Indonesia masih terus menyala.

Tentu saja hal ini patut disyukuri dan diapresiasi. Apalagi Forum Indonesia Menulis ini bermimpi menjadikan Indonesia sebagai kiblat literasi dunia. Sungguh sebuah cita-cita mulia dari para anak muda Indonesia yang setiap kita diharapkan mendukungnya.

“Bangsa yang besar, adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya, Negara yang hebat adalah negara yang kuat budaya literasinya”.

Mari bangun budaya literasi dalam diri setiap generasi negeri ini, agar di masa mendatang mereka makin cerdas dan berkualitas.
Selamat berjuang dengan riang, membangun generasi gemilang, surut kita berpantang.
Bismillah.

*Agus Fatah
(Guru Motivator Literasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 1