Agus Fatah : Menjadikan Indonesia Kiblat Literasi Dunia

FOKUSATU-Membaca judul tulisan ini, mungkin teman teman berpikir, “ah… Pak Agus ini, mimpi disiang bolong itu pak…”

Menurut saya,bisa jadi iya, bisa jadi tidak (maybe yes, maybe no), tergantung pada seberapa besar usaha kita para aktifis literasi (guru, kepala sekolah, orang tua, komunitas-komunitas literasi dan masyarakat) mau bekerja sama, berbagi dan bersinergi mewujudkannya.

Mewujudkan Indonesia sebagai kiblat Literasi Dunia, sama halnya dengan berjuang membebaskan Indonesia dari penjajah. Dibutuhkan waktu yang lama, tapi semoga tak selama membebaskan Indonesia dari Belanda (350 tahun).

Semua tergantung pada seberapa besar tekad semua elemen bangsa dan para pejuang literasi untuk mewujudkannya.

Bersama Forum Indonesia Menulis, kita diajak untuk berkontribusi menghidupkan budaya literasi (baca-tulis) secara konsisten, terstruktur, kolaboratif dan berkesinambungan.

Belajar dari kaisar Jepang yang membangun kembali Jepang dari nol bersama para guru yang tersisa, pasca tragedi Hirosima dan Nagasaki, maka adalah langkah yang tepat jika kita mulai membangun budaya literasi bersinergi bersama para guru.

Itulah langka yang kini ditempuh oleh Forum Indonesia Menulis (komunitas besar literasi). Dengan program : ” 1000 Guru Motivator Literasi 2021″ Program ini akan melibatkan guru dan kepala sekolah untuk turut ambil bagian menggerakkan ekosistem sekolah dalam mewujudkan mimpi besar : “Indonesia sebagai “kiblat literasi dunia”

Program ini terdiri dari lima rangkaian kegiatan meliputi Guru Menulis, Wisata Literasi Siswa, Wisata Literasi Guru, Wisata Literasi Kepala Sekolah, dan Wisata Literasi Nasional. Rangkaian ini dilakukan dalam rangka melibatkan semua elemen dalam membudayakan literasi di lingkungan sekolah.

Pada tahap pertama program ini terdaftar 6000 calon peserta ‘Guru Motivator Literasi’ ini mengikuti sesi sosialisasi program secara online dan mendapat tugas untuk menulis artikel. Hal tersebut dimaksudkan sebagai tahap seleksi yang menentukan apakah guru pendaftar berhak melanjutkan ke tahap berikutnya atau tidak.

Dan sejak tanngal 16 -23 Agustus 2021 Program 1000 Guru Motivator Literasi ini telah memasuki tahap seleksi naskah yang dikirim oleh para peserta dari seluruh Indonesia. Hingga tulisan ini dibuat telah terkirim ribuan artikel calon peserta 1000 Guru Motivator Literasi ke meja redaksi panitia yang nantinya akan diseleksi ketat oleh team khusus terkait orsiniltas (keaslian) tulisan yang dibuat oleh para peserta.

Insyaallah ditanggal 26 Agustus 2021 akan diumumkan hasil seleksi tersebut. Dan setelah itu para peserta akan mengikuti Training Of Coach yang akan berlangsung pada tanggal 4 dan 5 September 2021 secara online

Semoga “Program 1000 Guru Motivator Literasi 2021 ini berlangsung sukses dan mampu melahirkan para guru motivator literasi yang militan sehingga menjadikan Indonesia kiblat literasi dunia bukanlah impian semata, semoga.

Sebelum impian itu tercapai sesungguhnya menghidupkan literasi di negeri ini, adalah bagian dari perwujudan amanah pembukaan UUD 45 : Mencerdaskan kehidupan bangsa.

“If we can dream itu, we can do it”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

96 − = 86