DPRD Depok Bahas KUA Dan PPAS APBD 2019

FOKUSATU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok Bahas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan PPAS APBD 2019

Rapat paripurna DPRD Kota Depok terkait pembahasan dan persetujuan rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun 2019.

Hendrik Tangke Allo, Ketua DPRD Kota Depok dalam sambutannya memaparkan pembahasan rancangan KUA dan PPAS tahun 2019 harus dilakukan DPRD bersama Pemkot Depok.

Mengingat anggaran tersebut harus memiliki kualitas serap yang harus dipertanggungjawabkan secara yuridis, moral dan politik kepada masyarakat.

“Perlu regulasi dengan memperhatikan aspirasi dan kepentingan masyarakat. Makanya ini dibahas agar anggaran ini tepat sasaran dan tak menjadi silpa kembali, ” katanya di gedung DPRD Depok, Kamis (16/08).

Lebih lanjut dikatakan, pembahasan rancangan KUA dan PPAS juga sangat penting dikerjakan. Mengingat 2019 merupakan tahun pesta demokrasi.

Dimana, kesibukan masyarakat untuk memilih wakil rakyat dan kepala negara akan menyedot banyak perhatian.
Sehingga untuk mengantisipasi mandeknya pembangunan ini kegiatan tersebut harus tetap diantisipasi.

“ Pembahasan ini termasuk pengesahan beberapa raperda juga. Jangan sampai karena sibuk memilih kegiatan tak berjalan. Ini nanti akan jadi sorotan publik kembali dan kami tak menginginkan hal itu, ” jelasnya.

Plafon APBD 2019 berdasarkan beberapa poin. Diantaranya, anggaran harus bertumpu kepada kepentingan publik.

Harus dikelola dengan hasil yang baik, harus dapat memberikan transparansi dan akuntabilitas secara rasional untuk keseluruhan siklus anggaran.

Serta harus dikelola dengan pendekatan kinerja untuk seluruh jenis pengeluaran dan pendapatan, hingga dan harus mampu menumbuhkan profesionalisme pada instansi pemerintah daerah.

“Ini merupakan aspirasi dari masyarakat beberapa waktu lalu. Kami juga berharap Pemkot dapat memberikan masukan agar APBD 2019 dapat menyelesaikan masalah yang menimpa warga. Jadi semua pekerjaan rumah yang tertinggal segera dibenahi, ” Ucap Ketua DPRD Kota Depok ini. (Rudi. Hrp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

96 − = 87