PKM Dosen STKIP Kusuma Negara di SDN Cengkareng Timur 12 Pagi Jakbar

FOKUSATU– Guru atau dosen adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajarkan suatu ilmu, membimbing, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada peserta didik. Juga merupakan penentu kualitas pendidikan bangsa, tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, tapi juga pendidikan lainnya dan bisa menjadi sosok yang diteladani oleh para murid atau mahasiswa nya.

Pada hari Jumat, 3 maret 2023, dosen STKIP kusumanegara Jakarta menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakara (PKM) di SDN Cengkareng Timur 12 pagi Jakarta Barat.

Dengan mengambil tema “Pembelajaran Kreatif, Inovatif di Era Digital.

Kepala Sekolah SDN Cengkareng Timur 12 pagi bu kustinah, S. Pd menyambut positif PKM ini semoga bermanfaat bagi guru dan siswa.

Dalam kegiatan PKM ini menghadirkan narasumber para dosen yakni :Ahmad Durul Nafis,MM , Weti Yunaika,M.Pd, Muhammad Awin Alaby,M.Pd, Megawati,M.Pd, Urwatul Wutsqah,M.H, Eka Rista Harimurti,M.Pd, Arifannisa,M.Pd dan Ivon Mukaddamah,M.Pd.

Di katakan Ahmad Nafis, “Dosen yang mengikuti PKM seorang Guru atau dosen adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajarkan suatu ilmu, membimbing, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada peserta didik. Dan merupakan penentu kualitas pendidikan bangsa. Guru tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, tapi juga pendidikan lainnya dan bisa menjadi sosok yang diteladani oleh para muridnya. Maka kita dapat memahami bahwa peran guru sangat penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas, baik secara intelektual maupun akhlaknya.

Weti Yunaika mengatakan, “Menjadi seorang guru atau dosen tentunya tidak mudah apalagi menjadi guru yang kreatif dan inovatif di era digital. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guru atau dosen dituntut untuk lebih menguasai informasi dan kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran.

Muhammad Awin Alaby mengatakan,”Seorang guru atau dosen harus memiliki keterampilan untuk dapat menarik perhatian siswa, guru harus terampil kreatif dan inovatif.

Megawati mengatakan,”Dengan hadirnya para guru atau dosen yang kreatif dan inovatif dalam pengajaran tentunya akan membuat pembelajaran semakin maju, menarik, menyenangkan sesuai yang dibutuhkan para siswanya.

Urwatul Wutsqah mengatakan ,”Salah satu cara yang dapat dilakukan nya untuk menarik minat belajar siswa yaitu dengan senantiasa berinovasi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton dan lebih menarik perhatian siswa.

Urwatul Wutsqah mengatakan,”Oleh karena itu, menjadi guru atau dosen yang inovatif merupakan hal penting yang harus ada dalam diri seorang guru.

Arifannisa mengatakan,”Menjadi guru atau dosen yang kreatif dan inovatif adalah sebuah tuntutan yang tidak bisa dielakkan.

Dan narasumber terakhir Ivon Mukaddamah mengatakan,” Guru atau dosen sebagai garda terdepan pendidikan menjadi harapan untuk mencerdaskan anak bangsa, tutupnya.

Maka kita dapat memahami bahwa peran guru atau dosen sangat penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas, baik secara intelektual maupun akhlaknya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 1