49 Ketua RW Sekecamatan Ciracas ikuti Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Panwaslu

FOKUSATU – Panwaslu Kecamatan Ciracas memberikan sosialisasi pengawasan partisipatif berbasis RW di aula Kecamatan Ciracas (25/11/2018).

Acara di awali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya ,dan kemudian sambutan mewakili Camat Bapak Mujiyono sekaligus membuka acara kegiatan ini.

Acara kemudian di serahkan ke moderator , moderator pada kesempatan ini yakni Bapak Hasbullah yang juga sebagai Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Ciracas.

Dalam kesempatan ini,Narasumber Kegiatan acara Syahrozi,SH,MH yang juga selaku Ketua Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Timur , menyampaikan bahwa sudah menjadi tugas Bawaslu untuk terus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pengawasan pemilu sesuai amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 102 Ayat 1 Huruf D.

Sementara itu, untuk luas daerah serta banyaknya peserta pemilu baik partai politik, calon perseorangan maupun Caleg DPR baik tingkat pusat maupun daerah menjadi tantangan tersendiri, mengingat personil pengawas pemilu yang terbatas.

“Kalau hanya mengandalkan Panwaslu Kecamatan dan Kelurahan kita bakalan kewalahan, Apalagi rekuitment pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) baru akan dibentuk kurang lebih 1 bulan sebelum hari pemilihan ” ungkapnya.

Sementara itu Abdul Hakim selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Ciracas mengapresiasi kegiatan seperti ini. “Kita ucapkan terimakasih kepada Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Timur , dengan adanya acara seperti ini semakin mendekatkan pengawas pemilu dengan masyarakat, karena sukses pemilu adalah tugas kita bersama,” kata dia.

Lebih lanjut Narasumber berikutnya M.Sito Anang selaku Tim Asistensi Bawaslu DKI mengatakan bahwa Pengawasan Pemilu adalah kegiatan mengamati ( melihat ,mencatat ) , mengkaji (melakukan sistematisi hasil amatan ke dalam format 5W +1 H ),memeriksa (kesesuaian aturan) dan menilai (benar atau salah serta konsekwensi ) proses pemyelenggara pemilu .

Pemilu merupakan sarana demokrasi memilih pemimpin pemimpin yang di harapkan menjadi teladan bagi masyarakat,pemilu di selenggarakan dengan partisipasi masyarakat.

Semoga Pemilu 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 17 April nanti dapat berjalan aman,sukses dan lancar

 

Sebagai Informasi Panwaslu Kecamatan Ciracas :

Ketua : Abdul Hakim

Anggota Don Gusti Rau dan Mr Limbong

 

( A W )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 47 = 51