Budi Gunawan dan Kader NU masuk bursa Cawapres Ganjar Pranowo

FOKUSATU- Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Relawan Masyarakat Pendukung Ganjar Pranowo (MPGP), Rido Widodo atau yang biasa dipanggil Rido mendukung Ketua Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) menjadi pasangan Ganjar Pranowo sebagai Calon Wapres Presiden (Cawapres) pada Pemilu 2024.

Rido meyakini jika Ganjar berpasangan dengan Budi Gunawan, maka pengaruh politik identitas akan berkurang.

Menurutnya, pemilihan Cawapres ini penting dalam menjaga kesatuan dan persatuan. Ia pun berharap nantinya Cawapres Ganjar adalah sosok yang berpengalaman mengabdi untuk bangsa.

“Seandainya pemilihan Cawapres berdasarkan latar belakang keagamaan, dikhawatirkan akan terjadi polarisasi di kalangan masyarakat juga pemilu 2024 akan penuh dengan bayang-bayang politik identitas,” ujar Rido kepada wartawan, Rabu (17/5/2023).

Karena itu, Ia menilai Budi Gunawan merupakan sosok yang tepat untuk menjadi Cawapres lantaran memang dalam kesehariannya berupaya menjaga ketentraman bermasyarakat sebagai kepala BIN.

” Budi Gunawan sebagai kepala BIN telah mampu menjadi bagian dalam menjaga kondusifitas dan keutuhan Negara kesatuan republik Indonesia,” katanya.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan berbagai segmen masuk ke dalam 10 kandidat bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Ganjar Pranowo di 2024. Tokoh-tokoh tersebut mayoritas kalangan Nadhlatul Ulama (NU).
“Berbagai segmen tokoh masuk, bukan hanya tokoh NU, tapi tokoh-tokoh komunitas lain juga masuk, percaya itu,” kata Said kepada wartawan di Kompleks Senayan, Jakarta, Rabu (17/5/2023).

“Bahwa kemudian yang masuk kok lebih banyak NU, ya faktanya memang dari sisi ormas terbesar kita pasti ya NU. Tapi apakah tunggal namanya, tidak tunggal juga,” lanjutnya.

Said mengatakan NU memiliki basis suara yang kuat. Dari sisi kultural, kata Said, NU dan PDIP memiliki massa yang sama

Kalau dari sisi kultural, NU dan PDIP punya massa yang sama basisnya karena memang di grassroot, PDIP itu partai wong cilik, BU juga ngurusin yang cilik-cilik ya, dari sisi itu punya kesamaan dan itu sudah dari sejak dulu lah ya,” ungkap Said.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

64 + = 69