KPU Jaktim Berhasil Raih Peringkat 18 KPPN Jakarta IV

FOKUSATU-KPU Jakarta Timur Meraih Penilaian IKPA Peringkat ke-18 Dari KPPN Jakarta IV , di antara 263 satuan kerja dalam penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) periode Triwulan III Tahun 2022 pada wilayah KPPN Jakarta IV.

Nilai total IKPA yang diperoleh KPU Kota Jakarta Timur sebesar 70.41, dari tiga aspek yang diukur yaitu perencanaan, kualitas pelaksanaan dan hasil pelaksanaan anggaran.(02/09).

Di lansir dari Penata Kelola Pemilu KPU Kota Jakarta Timur, LA,IKPA ini merupakan salah merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga. Penilaian kinerja anggaran ini sebagai bentuk akuntabilitas kinerja birokrasi dalam pelaksanaan anggaran yang telah direncanakan. Hal ini tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-5/PB/2022 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian Negara/Lembaga.

Hasil IKPA ini diperoleh dengan menilai tiga aspek pengukuran yang terdiri dari Kualitas Perencanaan Anggaran, Kualitas Pelaksanaan Anggaran, dan Kualitas Hasil Pelaksanaan Anggaran, serta terbagi ke dalam delapan indikator kinerja yaitu Revisi DIPA, Deviasi Halaman III DIPA, Penyerapan Anggaran, Belanja Kontraktual, Penyelesaian Tagihan, Pengelolaan UP dan TUP, Dispensasi SPM, dan Capaian Output.

Ketua KPU Kota Jakarta Timur, Wage Wardana, menyampaikan apresiasi terhadap pencapaian yang diraih pada periode ini. Wage juga menyebutkan KPU Kota Jakarta Timur juga termasuk dalam sepuluh besar Satker yang memperoleh realisasi anggaran terbaik di antara seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Sekretaris KPU Kota Jakarta Timur, Henny Yudhi Rachmi, tak mau jumawa dalam menyikapi pencapaian realisasi pelaksanaan anggaran ini, sebab ini masih tahun anggaran berjalan.

“Pencapaian IKPA bisa naik turun, dan kita belum sampai akhir tahun. Ini masih tahun anggaran berjalan, dan hasil capaian ini belum final mengingat KPU juga sedang menghadapi tahapan Pemilu, jadi kita harus bisa melakukan yang lebih baik lagi,” tutur Henny.

Senada dengan Henny, Sigit Surono selaku Pejabat Pembuat Komitmen juga menekankan hasil capaian IKPA belum final dan berharap target ke depan dapat tercapai.

“Setiap pegawai KPU Jakarta Timur harus berbangga dengan capaian nilai IKPA sampai dengan Triwulan Ketiga di Tahun 2022 ini. Namun hasil capaian itu belum final karena masih ada tiga bulan ke depan yang masih memerlukan tenaga, pikiran dan konsentrasi tinggi untuk mencapai target sesuai dengan harapan. Tetap semangat dalam bekerja, jaga integritas dan kekompakan,” ujar Sigit.

Meski tahun anggaran 2022 masih berjalan, namun pencapaian IKPA ini menjadi salah satu poin positif yang harus dipertahankan KPU Kita Jakarta Timur, dan menjadi pendorong untuk dapat bekerja optimal dalam mengidentifikasi kendala untuk upaya percepatan realisasi anggaran sehingga dapat mempertahankan prestasi penilaian IKPA pada periode selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 39 = 48