Jelang Pemilu Serentak 2024 , Bawaslu DKI Jakarta Gelar Fasilitasi Dan Pembinaan Penyelesaian Sengketa

FOKUSATU-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta menggelar kegiatan pembinaan penyelesaian sengketa menjelang pemilu serentak 2024 pada hari Kamis-Sabtu/1-3 September 2022 di hotel haris vertu harmoni, Jakarta Pusat.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Mahyudin SH, MH membuka langsung kegiatan ini, dalam sambutannya Mahyudin menuturkan bahwa kegiatan kali ini merupakan pembinaan meningkatkan kapasitas dan kesiapan sumber daya manusia pengawas pemilu kabupaten/kota se DKI Jakarta beserta staf sekretariat dalam menghadapi pemilu serentak 2024 dalam kasus kasus sengketa dan hal keefektifan penyelesaian kasus-kasus sengketa yang terjadi dalam pemilu.

Mahyudin menganjurkan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mempelajari dan memahami dengan baik semua undang-undang serta peraturan terkait pemilu .

Bawaslu sebagai badan pengawas harus berlaku profesional dalam menegakkan hukum dalam mengeluarkan keputusan terkait kasus sengketa pemilu yang ditangani”, tutup Mahyudin.

Hadir sebagai peserta, Ketua dan Anggota Bawaslu DKI Jakarta, Koordinator Sekretariat dan seluruh staf sekretariat Bawaslu DKI Jakarta, Koordinator divisi penyelesaian sengketa Kabupaten/Kota se DKI Jakarta, mahasiswa dan unsur media .Kegiatan ini diisi dengan dialog, pembahasan dan tanya jawab tentang penyelesaian sengketa.

Narasumber yang di hadirkan yakni Dr Widyaningsih, SH, MH menyampaikan materi tentang” Teknik mediasi dan adjudikasi penyelesaian sengketa yang efektif, Abhan, SH, MH menyampaikan materi ” Peran dan fungsi pencegahan sengketa Pemilu, bawaslu provinsi dan bawaslu kab/Kota, Dr Sukaca, SH, MH, M.Si menyampaikan materi “problematika dan tantangan pemilu Serentak 2024.

Selain paparan materi, dalam acara ini di adakan rapat kordinasi hasil pengawasan vermin Tim fasilitasi verifikasi parpol dan di lanjutkan diskusi dan kajian potensi Pelanggaran sengketa pemilu masa verifikasi parpol calon peserta pemilu 2024.(AW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

46 − 42 =