Di RPTRA Citra Permata, PKK Kecamatan Jatinegara Panen Bersama

FOKUSATU-Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Jatinegara beserta pengurus PKK Kelurahan melakukan panen hasil urban farming (metode pertanian perkotaan) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Citra Permata, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (7/3/2022).

Di lansir dari info Jaktim, Proses panen dilakukan dengan cara sederhana. Seluruh sayur yang kondisinya sudah siap panen, langsung dicabut dari media tanam pipa hidroponik. Kemudian dikumpulkan di atas nampan untuk dibersihkan. Jenis sayuran yang dipanen yakni 9 kilogram Pokcoy, 5 kilogram Bayam Batik dan 5 kilogram Jambu Biji.

“Hasil panen tersebut dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi maupun dijual yang hasilnya kembali diperuntukkan pengembangan urban farming,” kata Wakil Ketua II Tim Penggerak PKK Kecamatan Jatinegara, Sukma Dewini, saat dikonfirmasi.

Dijelaskan Sukma, konsep urban farming menjadi salah satu upaya dalam menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid 19. Pertanian dapat memanfaatkan lahan-lahan pekarangan sempit atau kosong.

“Diharapkan, warga dapat mengikuti apa yang sudah kita terapkan di RPTRA ini, dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumah yang sempit, mereka bisa membuat urban farming mandiri dalam pemenuhan kebutuhan pangan,” katanya.

Melalui urban farming ini, lanjutnya, tidak hanya mendapatkan nutrisi sehat untuk keluarga, tapi juga bisa memanfaatkan lahan-lahan sempit dan kosong serta membudayakan gotong-royong.

Foto Dok. PKK Kecamatan Jatinegara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

56 − = 54