Bang DAI: Haul Akbar Kampung Cidodol Bentuk Silaturahmi & Soliditas Masyarakat Jakarta

FOKUSATU-Maksum Al Khair Cidodol mengadakan Haul Akbar 2022, Agenda tahunan ini sudah memasuki tahun yang kedelapan,(05/03). 

Antusiasme warga untuk mendoakan dan bersedekah dan menghadiahi para orang tua dan kerabat yang telah meninggal dunia dengan serangkaian ritual antara lain hatam qur’an, santunan yatim, sedekah dan tawasul serta doa hatam qur’an dan do’a arwah. Tahun 2022 ini mencapai 952 al marhum dan al marhumah yang didaftarkan kepada Maksum Al Khair.

Ini adalah kegiatan untuk merawat tradisi kebaikan yang telah diwariskan para guru (ulama) kami, sekaligus ajang silaturahmi masyarakat, ungkap Suparjo selaku ketua Penyelenggara Haul Akbar Cidodol 2022.

Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain, Iwan Santoso ( Camat Kebayoran lama) mewakili walikota Jakarta selatan yang berhalangan hadir, Kyai Yusuf Aman (Sekretaris Majlis Ulama DKI Jakarta), Hamzah (Sekjend DPP FORKABI), Ustadz Ekajaya (Ketua Umum Persatuan Jawara dan Pengacara Betawi). Siraman Rohani disampaikan oleh Kyai Ahmad Kosasih, Kiyai Luthfi Zawawi (Ketua Umum Forum Ulama Habaib Jakarta/FUHAB), Kyai Fahrudin Al Bantani, Kyai Rusydi Yusuf dan Habib Husein al Haddad dan alim ulama lainnya.

Lebih lanjut Azis Khafia selaku Pembina Maksum Al.Khair menyatakan bahwa kegiatan Haul Akbar ini merupakan ikhtiar bersama warga cidodol untuk membentengi masyarakat dari segala keburukan yang menimpa, ikhtiar ini merupakan warisan para tuan guru untuk ditransformasikan kepada generasi saat ini, bahwa menjaga dan merawat tradisi kegamaan sekaligus menebarkan kebaikan dimulai dari kampung (warga setempat), InsyaAllah akan menyebar keberkahannya pada semua pihak, termasuk kepada bangsa dan negara.

Lokasi Maksum Al Khair Cidodol merupakan embrio awal Pondok Pesantren yang saat ini telah memiliki Santri Kalong (pulang pergi) dan serangkaian ta’lim setiap harinya, sekaligus diharapkan menjadi bagian Benteng Ahlussunnah Waljamaah di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut pun Senator Indonesia dari Jakarta, Dailami Firdaus atau yang biasa disapa “Bang DAI” sangat mengapreiasi kegiatan Haul Akbar Kampung Cidodol, Bang DAI berharap kegiatan rutin tahunan tersebut dapat menjadi ajang silaturahim antara ulama dan umara, dalam rangka membina umat, demikian pesan Bang DAI sekaligus memberikan karangan Bunga sebagai wujud kedekatan Bang DAI dengan warga Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 1 =