Jumlah Harian Kasus Covid-19 Tinggi, Jumlah Pasien Dirawat Rendah

FOKUSATU – Konfirmasi jumlah kasus harian Covid-19 pada hari Sabtu (04/2/2022) tercatat mencapai 32.221 kasus.

Namun demikian jumlah pasien Covid 19 yang dirawat dirumah sakit masih rendah, selain itu sebagian besar kasus yang terkonfirmasi merupakan kasus tanpa gejala dan bergejala ringan.

Dijelaskan oleh Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid dalam laman Facebook Kementerian Kesehatan RI yang dirilis Sabtu (04/02/2022) meski kecepatan penularan dari varian Omicron dari pada varian of concern COVID-19 yang lain namun kasus kesakitan dan kematian dari varian ini cukup rendah.

“Hal ini dapat terlihat dari kondisi pasien yang dirawat di rumah sakit secara nasional masih sangat rendah. Rata-rata pasien yang dirawat di rumah sakit ini juga tidak bergejala dan gejala ringan. Dari data yang kita miliki, meskipun secara tren kenaikan kasus varian Omicron ini ada kemiripan dengan Delta, namun angka keterisian tempat tidur rumah sakit jauh lebih landai,” ujar dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid.

dr Nadia menyampaikan bahwa pemerintah menghimbau masyarakat yang positif COVID-19 namun tidak bergelaja ataupun yang bergejala ringan tidak perlu kerumah sakit.

“Cukup melakukan isolasi mandiri dirumah atau isolasi terpusat, serta memanfaatkan layanan telemedisin jika tersedia atau melapor ke Puskesmas terdekat. Dengan demikian kita dapat mengurangi beban rumah sakit dan tenaga kesehatan serta membantu menyelamatkan orang lain yang memiliki gejala sedang hingga kritis,” jelas dr Nadia.

Nadia juga menghimbau kepada masyarakat agar kembali sadar akan pentingnya menerapkan disiplin protokol kesehatan, meski jumlah kasus meningkat dan katerisian rumah sakit dapat terkendali namun menekan jumlah infeksi COVID-19 akan menjaga fasilitas layanan kesehatan tetap memadai.
(JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

85 − 80 =