Manaqib Singkat Maulana Syeikh Shogiri Banten

FOKUSATU-Haul maulana Syeikh shogiri ( pangeran sageri ) bin sulthon abdul fatah tirtayasa banten.

Beliau adalah putra ke 5 dari sulthon banten 6. Dan beliau adalah anak sulthan yang paling menonjol dalam keulamaannya. Beliau hijrah dari kesulthanan banten ke tanggerang, berjuang melawan VOC.

Pada tahun 1668 beliau hijrah ke Jatinegara kaum yang dahulu adalah hutan jati menyusul dan meneruskan perjuangan kakeknya pangeran achmad jaketra (jayakarta 4) bersama dengan istrinya ( ratu Rafiah) dan mertuanya pangeran Sanghyang/aria wangsadireja/Raden Syarif serta saudaranya Pangeran Purbaya dan Sake serta seluruh para pengikutnya.

Pada tahun 1682 beliau merehab masigit yang dibangun oleh kakeknya pangeran achmad jaketra pada tahun 1620.

Pangeran sageri dibatavia terus melakukan perjuangan dan syiar Islam, mendidik putra/putrinya dan seluruh keluarga dengan bekal agama . Sehingga pada akhirnya nanti hampir seluruh keturunan pangeran sageri mensyiarkan dakwah islam ke berbagai macam wilayah khususnya Jakarta dan Jawa Barat.

Dikisohkan oleh mama ajengan nahrowi bahwa suatu ketika diusia senjanya pangeran sageri pada bulan maulid mengadakan peringatan maulid pada tgl 12 rabiul awal. Ditengah tengah acara ketika membaca maulid ( sedang membaca mahalul qiyam) pangeran sageri meninggal dunia.
Perjuangan beliau diteruskan oleh anak cucu dan keturunannya.

Malam ini ,Malam Selasa bada Isya, 13 Rabiul Awal 1443 H Insya Allah Haul Maulana Syeikh shogiri ( pangeran sageri ) bin sulthon abdul fatah tirtayasa banten di laksanakan di masjid Pangeran Jayakarta, Jatinegara Kaum. Mari kita hadiri, semoga keberkahan tercurah pada kita, Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 6 = 4