Loketa Binaan IV Kecamatan Makasar

FOKUSATU– Lomba Keterampilan Agama (Loketa) binaan 4 Kecamatan Makasar di laksanakan Senin, 15 Mei 2023 di SD Angkasa 9 ,Jl Gatot Kaca Halim perdanakusumah ,Kecamatan Makasar Jakarta Timur.

Pembukaan Loketa di tampilkan tari piring dan paduan suara dari SD Angkasa 9 selaku tuan rumah, kemudian di lanjutkan dengan upacara pembukaan di pimpin langsung oleh Bu Yayah selaku pengawas binaan IV Kecamatan Makasar.

Dalam sambutannya bu Yayah mengatakan, ” “Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi media untuk bersilaturahmi juga sebagai wahana untuk menumbuh kembangkan semangat juang dalam upaya mewujudkan generasi Islami masa depan yang cerdas, beriman dan bertaqwa serta sebagai momen penumbuh motivasi siswa, untuk lebih mengenal nilai-nilai Agama Islam sebagai pedoman hidup,”tuturnya.

Dengan mengucapkan basmallah kegiatan Loketa binaan  IV saya buka, ucapnya sambil memukul hadrah dan tepuk tangan dari peserta upacara. 

Acara ini dihadiri oleh ketua KKKS dan Seluruh para kepala Sekolah binaan IV Kecamatan Makasar, Ketua KKG PAI Kecamatan Makasar para guru PAI atau guru pembimbing, dan para peserta di setiap Sekolah masing -masing,serta unsur terkait lainnya.

Ust Ayep selaku ketua binaan 4 Kecamatan Makasar Mengatakan bahwa kegiatan Loketa baru tahun ini dilaksanakan lagi di tingkat binaan 4 kecamatan sampai ke tingkat Kecamatan,dan sekolah yang ada di wilayah binaan IV ini ada 10 sekolah terangnya.

“Adapun lomba Loketa ada 6 mata lomba meliputi lomba cerdas cermat cermat (LCC), Lomba pidato, Hifzhil Qur’an (MHQ) , Musabaqoh Tilawatil Qura’n (MTQ) , lomba adzan dan marawis.

Lebih lanjut di katakan Ust Ayep maksud dari diselenggarakannya Loketa adalah sebagai ajang untuk memperkokoh jalinan silaturahmi fungsional dalam upaya menopang ukhuwah Islamiyah baik di kalangan guru PAI dan seluruh stakeholder PAI khususnya di Kecamatan Makasar, tutupnya. 

Peserta Loketa adalah siswa dari kelas 1 – 5 SD dan merupakan siswa terbaik se-binaan 4 Kecamatan Makasar serta menghadirkan para dewan juri yang berasal dari binaan 3 Kecamatan Makasar yang dipandang cakap dan layak serta berkapasitas profesional pada setiap bidang mata lomba.

Ust Juwahir selaku ketua KKG PAI Kecamatan Makasar saat di temui media mengatakan “Mudah-mudahan, kegiatan seperti ini, dapat memberikan motivasi kepada para peserta didik agar lebih bergairah dalam mempelajari dan mencintai pendidikan Agama Islam,”ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ust Juwahir  menyampaikan apresiasinya, atas terselenggaranya kegiatan loketa di binaan IV. 

Menurutnya, penyelenggaraan Lomba pada Loketa di binaan 4 Kecamatan Makasar diharapkan para peserta bisa meraih prestasi yang diselenggarakan di tingkat Kecamatan pada tanggal 17 Mei 2023 akan datang, yang akan di gelar di wilayah binaan 2 Kecamatan Makasar.

Pasalnya moment yang bernuansa Islami tersebut, merupakan salah satu upaya dalam rangka optimalisasi potensi dan SDM di binaan 4 Kecamatan Makasar.

Lebih lanjut Ust Juwahir mengatakan,”Loketa di tiap binaan digelar untuk menjaring peserta yang akan menjadi perwakilan ketingkat kecamatan, Maka diharapkan peserta yang akan menjadi Perwakilan ketingkat kecamatan dapat membawa nama baik tiap binaan, dan di Kecamatan Makasar ada 4 binaan , tentunya harus siap mental terutama belajar yang sungguh, para peserta lomba jangan lah menjadi beban, karena mengejar target juara, Lomba Loketa bertujuan mempererat persaudaraan Muslim dan memberi motivasi pada peserta didik mengamalkan ajaran Islam lewat kompetisi, tutupnya.

Pak Bambang selaku ketua K3S kecamatan Makasar, mengatakan, “Loketa PAI ini Penting untuk momentum memperkokoh niat dan sikap kita untuk mewujudkan bangsa berkarakter, terutama bagi generasi muda, loketa PAI dikemas dalam bentuk kompetisi agar dapat memberikan motivasi kepada peserta didik supaya lebih bersemangat mempelajari dan mencintai Agama islam.Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 28 = 33