Tanggapi Hasil Survey SMRC, Ketua DPC PKB Jaktim: Peningkatan Elektabilitas PKB Bukti Ketokohan Gus Muhaimin Dan Kerja Keras Kader Membawa Hasil

FOKUSATU– Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta Timur, M. Fuadi Luthfi menanggapi hasil survei oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) baru-baru ini yang menyebutkan bahwa elektabilitas PKB merangsek ke tiga besar melewati Partai Golkar.

Menurutnya, hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa kerja-kerja politik seluruh kader partai di bawah kepemimpinan Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin mulai membawa hasil.

“Apa yang terekam lewat hasil-hasil survei oleh lembaga survei belakangan ini, dimana hasilnya menunjukkan naiknya elektabilitas PKB, terutama pasca deklarasi koalisi dengan Gerindra, Agustus lalu menunjukkan bahwa kinerja dan kerja kader-kader partai di basis kulturalnya mulai diterima oleh masyarakat luas,”kata M. Fuadi Lutfhi kepada media online di Jakarta, Ahad 4 September 2022.

Sebagaimana diketahui, dalam survei oleh Lembaga Survei SMRC , disebutkan bahwa jika Pemilu dilakukan hari ini, maka Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tetap memimpin dengan 24,7 persen, diikuti Partai Gerindra dengan 11,9 persen.

Sedangkan PKB ada di peringkat ketiga dengan perolehan 9,8 persen dan diikuti Golkar dengan 9,2 persen.

Survei digelar pada 10-17 April 2022 di 122 desa/kelurahan yang tersebar di Indonesia. Total sebanyak 1.220 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling. Adapun margin of error survei ini +- 2,83% pada tingkat kepercayaan atau level of confidence sebesar 95%.

Khusus survei elektabilitas partai, SMRC menggelar pertanyaan secara tertutup. Responden ditanya, ‘Seandainya pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR RI dilaksanakan hari ini dan diikuti oleh partai politik di bawah ini, partai apa yang Ibu/Bapak pilih?’

Hasilnya, PDIP mendapat 24,7 persen. Di posisi kedua ada Gerindra 11,9 persen, kemudian disusul PKB 9,8 persen.

Sementara itu, Golkar berada di posisi keempat dengan 9,2 persen dan PKS 7,7 persen.

Lebih lanjut, M. Fuadi Lutfhi dalam menanggapi hasil survei tersebut, menyebutkan bahwa di bawah kepemimpinan Ketua Umum DPP PKB Gus Muhaimin, seluruh kader PKB dari pusat sampai daerah kini kembali solid dalam menyongsong musim politik Pemilu dan Pilpres 2024.

“Apa yang dilakukan oleh Gus Muhaimin dengan road show untuk menyapa, hadir di tengah-tengah masyarakat mampu menginspirasi seluruh kader untuk bangkit menata diri dan solid,”ujar Fuadi.

Sebagai Ketua DPC PKB Jakarta Timur, Fuadi mengaku menjalankan instruksi pimpinan pusat dan daerah, untuk terus membangun komunikasi dengan basis kultural konstituen. Ia juga berupaya fokus mengkomunikasikan visi dan misi PKB sebagai partai berbasis masa Islam yang terbuka dan berhaluan ahlussunah wal-jamaah an-nahdliyah, yang menjunjung tinggi kebhinekaan serta setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami selalu menyampaikan visi besar PKB sebagai partai yang dilahirkan oleh para ulama atau dari rahim PBNU, yang berhaluan ahlussunnah waljamaah an-nahdlyah, dan karenanya, apa pun pandangan masyarakat, DPC PKB Jakarta Timur, akan tetap fokus bekerja selaras dengan apa yang menjadi perjuangan dan aspirasi para ulama,”ujarnya.(SYS/AKH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 3