14 Tokoh Nasional Diusulkan Jadi Bakal Calon Ketua Umum IARMI

FOKUSATU-14 Tokoh Nasional Diusulkan Jadi Bakal Calon Ketua Umum IARMI dalam Rapat Pimpinan Nasional Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (Rapimnas IARMI)

Rapimnas IARMI yang dihadiri 500 orang delegasi dari 34 Provinsi di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat pada 26 – 28 Agustus 2022 telah memutuskan 14 nama tokoh bakal calon Ketua Umum IARMI. Berikut nama-nama tersebut:

1) Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan RI,2) Ariza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta, 3) Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI, 4) Siti Nurbaya Bakar, Menteri Kehutanan RI, 5) Brigjen TNI Faridah Faisal, Kepala Pengadilan Tinggi Militer Jakarta, 6) Jan S Maringka, Irjen Kementan RI, 7) Johnny G Plate, Menteri Kominfo RI, 8.) Mayjen (Purn) Bambang Ariwibowo, 9) Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, Dirjen Strahan Kemhan RI, 10) KH. Abdulllah Gymnastiar, Pemuka Agama, 11) Japto Soelistyo Soerjosoemarno, Ketua Umum Pemuda Pancasila, 12) Pasha Ungu, Wakil Walikota Palu, 13) Irjen. Pol. (Purn.) Basaria Panjaitan, Mantan Komisioner KPK, 14) Prof. Dr. Ermaya Suradinata, Mantan Gubernur Lemhannas.

Rapimnas IARMI berjalan sukses dan telah resmi ditutup. Kegiatan nasional ini membahas banyak isu nasional dan global seperti perubahan geopolitik, pencegahan polarisasi politik pada pemilu 2024, komponen cadangan, ketahanan pangan, bonus demografi, persiapan jelang 100 tahun Indonesia pada 2045 nanti, dll.

Semua pembahasan dilandasi semangat dari tema Rapimnas IARMI yaitu “Merajut Kebhinekaan, Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo hadir di lokasi dan menyampaikan sambutannya di podium Rapimnas IARMI. Menurut Bambang Soesatyo, Menwa dan IARMI adalah bagian penting dari komponen cadangan karena memiliki ilmu pengetahuan, ilmu keprajuritan dan jiwa pengabdian untuk kepentingan nasional.

“Saya paham sejarah panjang perjuangan Menwa dan IARMI, saya berharap IARMI sebagai organisasi yang menaungi alumni resimen mahasiswa terus meluaskan semangat bela negara, ini besar manfaatnya, termasuk dapat meminimalisir dampak negatif pada Pemilu Serentak tahun 2024 nanti,” ungkap Bambang Soesatyo.

Sementara itu, Ketua Umum IARMI yang juga Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, di hadapan peserta Rapimnas mengimbau seluruh anggota Menwa dan IARMI untuk membantu pemerintah menjaga stabilitas harga pangan. Sebab stabilitas harga dan ketersediaan pangan adalah hal yang krusial dalam kehidupan berbangsa.

“Bela negara itu tidak harus angkat senjata. Menjaga stabilitas pangan juga wujud bela negara,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga Sekretaris Jenderal IARMI mengatakan, pada 2045 nanti, Indonesia berusia 100 tahun.

“Ada beberapa negara yang bubar sebelum berusia 100 tahun seperti Uni Soviet dan Yugoslavia, kita harus belajar dan bergerak agar NKRI tetap utuh, makin maju, makin sejahtera dan makin kokoh di usia 100 tahunnya nanti,” ungkapnya.

Ariza Patria juga mengapresiasi komponen cadangan yang merupakan salah satu program Kementerian Pertahanan. Komcad ini, lanjutnya, akan memperkuat program bela negara yang digaungkan Kemhan.

“Program komponen cadangan akan menambah kekuatan Indonesia untuk menghadapi ancaman ketahanan dan keamanan,” jelas Ariza Patria.

Lebih lanjut, dalam upaya merajut kebhinekaan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, Ariza Patria juga mengatakan, IARMI mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus saling menghormati antarumat beragama, tidak menghina suku, agama, ras dan golongan, tidak memproduksi dan menyebarkan berita bohong, senantiasa aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, gotong royong di lingkungan dan juga aktif memberikan saran dan kritikan untuk kemajuan bangsa Indonesia yang kita cintai.

“Bisa jadi saat Indonesia berusia 100 tahun nanti, kita yang hadir di sini sudah mati, untuk itu kita harus memastikan dapat mewariskan Indonesia yang adil, sejahtera dan damai,” tegas Ariza Patria.

Mengenai kiprah IARMI, Ariza Patria menyampaikan, selama masa pandemi, Menwa dan IARMI sangat proaktif dan kolaboratif dalam perannya menjaga kerukunan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Banyak sekali kegiatan-kegiatan IARMI yang sudah dilakukan, antara lain menggelar bakti sosial kemasyarakatan, penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan sembako, pelaksanaan donor darah guna membantu PMI (Palang Merah Indonesia) dalam mencukupi ketersediaan stok kantong darah lokal dan nasional, penanaman pohon/penghijauan, pelaksanaan Jumat peduli, ziarah makam pahlawan, menggelar kegiatan vaksin, dan berbagai kegiatan edukasi lain yang bertujuan untuk menggelorakan semangat bela negara di era pandemi dan era digital.

Atas suksesnya Rapimnas IARMI ini, Anggota DPD RI sekaligus Ketua Pelaksana Rapimnas, Bustami Zainuddin mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, para panitia, narasumber dan semua pihak yang terlibat.

“Kita ingin memberikan yang terbaik dan alhamdulillah berhasil kita lakukan dalam Rapimnas IARMI, terima kasih yang sebesar-besarnya kami haturkan kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakan” ucap Bustami Zainuddin.

Hadir dalam Rapimnas IARMI ini Ketua MPR RI, Bapak Bambang Soesatyo, S.E.,M.B.A.; Menteri Perdagangan RI yang juga Ketum IARMI, Bapak Dr. Zulkifli Hasan; Panglima TNI diwakili Kepala Staf Umum TNI, Bapak Letnan Jenderal TNI Eko Margiono; Kapolri diwakili Direktur Politik Baintelkam Mabes Polri Brigjen Pol. Yudha Gustawan; Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Mayjen TNI Agus Subiyanto; Anggota DPD RI sekaligus Ketua Pelaksana Rapimnas, Bapak Dr. H. Bustami Zainuddin, S.Pd.,M.H; Guru Besar IPDN yang juga Mantan Gubernur Lemhanas, Bapak Prof. Dr. Ermaya Suradinata; Ketua Umum IARMI Periode ketiga, Bapak P.A Rangkuti; Wakil Rektor Universitas Bung Karno, Bapak Dr. Ismail; Para Senior dan sesepuh Menwa; Para Komandan Resimen Mahasiswa, Para Pengurus DPN dan DPP IARMI; dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

28 − = 27