Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Jaktim Gelar Rakor Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Stakeholder

FOKUSATU-Dalam rangka koordinasi pelaksanaan pengawasan pemilu partisipatif,Bawaslu Jakarta Timur mengadakan kegiatan “Rapat Koodinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bersama stakeholder”.

Acara ini di laksanakan pada hari Rabu,09 Februari 2022 di Hotel Balairung Jakarta ,Jl Matraman Raya No 19 Kecamatan Matraman ,Jakarta Timur .

Kegiatan ini di selenggarakan dengan protokol kesehatan pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat,yaitu wajib memakai masker,menjaga jarak dan mencuci tangan.

Acara ini menghadirkan dari suku badan Kesbangpol Jakarta Timur,Bagian tata pemerintahan Jakarta Timur,Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Timur,Kwarcab Gerakan Pramuka Jakarta Timur ,FKDM Jakarta Timur ,Alumni SKPP Jakarta Timur dan dari media .

Marhadi Marzuki, MA selaku koordinator acara ini mengatakan dalam sambutan nya,
“Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,kemudian memberikan pendidikan pengawasan pemilu.

Sementara itu Syahrozi,SH,MH selaku ketua Bawaslu Jakarta Timur mengungkapkan bahwa pengawasan partisipatif penting dilakukan, terutama dalam mengawasi pemilu di ruang privat yang tidak tersentuh oleh oleh pengawas pemilu. Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini.

“Karena Kita memahami, dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu, Bawaslu tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Harapannya, penyelenggaraan pemilu berjalan luber jurdil (langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), serta demokratis,” ucapnya.Karena itu, Bawaslu telah membuat program dalam rangka Pengawasan Partisipatif tersebut.Tegasnya.

Burhanudin selaku Komisioner Bawaslu DKI Jakarta membuka secara resmi acara rakor ini,dan beliau mengatakan pengawasan partisipatif pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis pengawasan pemilu bagi masyarakat, kita libatkan masyarakat juga untuk mengawasi pemilu.

Mengawasi pemilu merupakan sumbangsih yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan demokrasi di Indonesia.Tutupnya.

Dalam acara ini juga di lakukan Mou untuk pengawasan partisipatif pemilu 2024 ,Bawaslu Jakarta Timur dengan MUI Jakarta Timur.

Di tahun 2022 ini,Bawaslu Jakarta Timur melakukan kegiatan pemilu yang pertama dan bersamaan dengan di terapkan PPKM level 3.

Dalam acara ini juga di lakukan diskusi tentang pengawasan partisipatif dengan narasumber Nurlia Dian Paramita selaku Kornas JPPR.

Bawaslu akan menggandeng elemen masyarakat dalam upaya penegakan demokrasi, khususnya dalam mengawal terselenggaranya pengawasan pemilu sampai tercipta pemilu yang berintegritas,” Bersama Bawaslu, tegakkan keadilan pemilu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

75 − = 71