Kartu Transportasi Dan Aplikasi Terintegrasi Jaklingko Akan Difungsikan Awal Tahun 2022

FOKUSATU – PT Jaklingko Indonesia menargetkan Kartu Tansportasi dan Aplikasi Terintegrasi JakLingko sudah dapat digunakan untuk umum pada awal tahun 2022.

Direktur Utama PT Jaklingko Indonesia Muhammad Kamaluddin seperti yang dikutip dari wabsite Berita Resmi Pemprov DKI, laman Beritajakarta.id mengatakan moda transportasi di Jakarta seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta, Tansjakarta dan KAI Commuter sudah terhubung dengan sistem integrasi JakLingko Indonesia untuk merencanakan perjalanan serta melakukan pembayaran tiket.

“Satu dari tiga gerbang bayaran pada setiap stasiun maupun halte moda transportasi di Jakarta sudah terhubung dengan sistem terintegrasi JakLingko Indonesia saat ini”, ujar Muhammad Kamaludin Selasa (05/10/2021).

Menututnya aplikasi integrasi JakLingko ditargetakan sudah dapat diunduh secara massal pada Januari 2022.

Begitu juga dengan pada gerbang pembayaran pada semua halte dan stasiun di Jakarta ditargetkan sudah seluruhnya terintegrasi dengan sistem JakLingko pada Januari 2022, meski demikian tarif integrasi antar moda belum berlaku dan masih menggunakan lama yang berlaku saat ini.

Tarif baru yang ditargetkan berlaku Maret 2022 dapat dipastikan lebih ekonomis dan dapat mendorong integrasi antarmoda sejabodetabek dan tarif antarmoda nantinya akan lebih murah dibandingkan dengan tarif masing-masing moda tnggal yang sekarang berlaku di Jabodetabek

Kamaluddin mengatakan pengguna akan dapat merasakan efevektifitas dari pengeluaran transportasi dibandingkan denga total pengeluaran perbulannya

“Jadi nanti akan ada aktivasi khusus untuk kartu dan aplikasi ini supaya bisa mendapatkan tarif berdasarkan profil penggunanya”, ucap Kamaluddin.

Kamaluddin menambahkan terkait tarif integrasi antarmoda hingga saat ini masih dalam pembahasan antara Pemprov DKI Jakarta melalui Tim Tarif Integrasi JakLingko dengan Kementrian Perhubungan.

Dirinya juga meminta dukungan kepada tim tarif integrasi baik yang berada di Pemprov DKI dan yang berada di Kemenhub untuk bisa mengejar target serta melengkapi aturannya di tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

64 − 60 =