Webinar DPW ADPISI Jabodetabek dan LKK UNPAM Bekerja sama dengan Majelis Telkomsel Takwa (MTT) Gelar Coaching Clinic Writing Islamic Journal

FOKUSATU-Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam (DPW ADPISI) dan Lembaga Kajian Keagamaan (LKK) Universitas pamulang mengadakan kegiatan Webinar Coaching Clinic Writing Islamic Journal. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 26 Agustus 2021 melalui platform aplikasi ZOOM.

Dalam kegiatan ini panitia menghadirkan dua Narasumber yakni Dr. Choirul Mahfud, M.Pd.I penulis Jurnal terindeks Scopus sekaligus dosen Institut teknologi Sepuluh September (ITS) dan Ahmad Hakam, MA pengelola jurnal Hayyula Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Acara ini dibuka langsung oleh Ketua DPW ADPISI Jabodetabek, Dr. Taufik Hidayatullah, MA dan juga kata sambutan oleh Ketua LKK UNPAM Dr. Sofyan Hadi.Musa, SQ., MA.
Dalam sambutan ketua DPW ADPISI Jabodetabek Dr. Taufik Hidayatullah, MA menjelaskan tentang apa yang menjadi alasan dilaksankannya kegiatan Coaching clinic penulisan artikel jurnal ilmiah ini yakni untuk memberikan wawasan kepada para dosen dan akademisi yang kaitannya dengan penulisan artikel ilmiah. Selain itu juga untuk mempermudah para dosen dalam mempublikasikan artikel jurnalnya.

Kegiatan _Coaching Clinic Writing Islamic Journal_. ini mandapat respon yang cukup baik dari para peseta dari kalangan dosen dan akademisi hal ini dapat dilihat dari antusias para peserta yang terlihat dari kehadiran sebanyak 120 orang dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Pada sesi pertama Ahmad Hakam menjelaskan bahwa setidaknya ada delapan bagian dalam penulisan artikel jurnal, yakni konten dalam penulisan yakni: Tema, Topik dan arah riset, Target Jurnal, Templat Jurnal, Abstrak, Pernyataan argument, Literature review, Metode dan Analisis data serta penarikan kesimpulan. Selain itu adanya komunikasi yang baik antara penulis dan juga editor sangat diperlukan demi menunjang tulisan lebih baik, pungkas Hakam.

Sementara pemateri kedua Dr. Choirul Mahfud menjelaskan bahwa adanya kolaborasi sangat penting dilakukan untuk mempermudah akses tulisan-tulisan yang ingin dipublikasikan. Choirul juga menjelaskan bagaimana keterbukaan curriculum vitae penulis sangat diperlukan guna memberikan kepercayaan kepada yang lain atau kepada pengelola artikel yang kita ajukan.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi Tanya jawab peserta dan juga apresiasi dari Dewan Pimpinan Pusat Asosisasi Dosen Agama Islam (DPP ADPISI) atas terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat ini. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

95 − 88 =