Majelis Talim Guru Salmaa CBS Menyantuni Anak Yatim Di Hari Asyura

FOKUSATU-Majlis Talim Guru Salmaa (MTGS) yang berlokasi di Jl Cipinang Besar Selatan,Jakarta Timur Mengelar acara santunan anak yatim . Kamis,10 Muharram 1443 /19 Agustus 2021.

Acara di mulai pukul 8 pagi di awali dengan tawasul kemudian pembacaan Ratib, tahlil di lanjutkan dengan pembacaan maulid.

Kyai Nur Ali Kasyful Anwar selaku ketua Majlis Talim Guru Salmaa dalam sambutan nya mengatakan,”Bulan Muharram adalah musim kebaikan, momen yang baik untuk melakukan yang baik untuk meningkatkan amal, sedekah, menyantuni anak yatim, dan menolong mereka yang membutuhkan.
Dan Alhamdulilah kami dari pengurus MTGS memberikan santunan anak yatim.

Lebih lanjut Kyai Montoq sapaan Kyai Nur Ali, menyampaikan tausiahnya, beliau katakan, ” Bulan Muharram ,bulannya Anak Yatim.

Ada empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT yaitu, bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Sejumlah ahli tafsir bahkan menyebut, amalan-amalan ibadah yang dilakukan selama empat bulan haram itu bakal dilipat gandakan pahalanya. Demikian pula balasan untuk perbuatan buruk pada 4 bulan ini, akan lebih besar. Hal ini seperti dijelaskan Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir: “Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipat gandakan perbuatan dosa di samping melipat gandakan perbuatan baik.

Alhamdulilah tiap tahun nya,kami pengurus MTGS setiap datang bulan Muharram kita lakukan santunan anak yatim.

Momentum 10 Muharram dijadikan sebagai Idul Yatama, berdasarkan anjuran untuk menyantuni anak-anak yatim pada hari tersebut. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura.

Di mana pada tanggal tersebut, Beliau menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya. Kemudian dalam kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin disebutkan bahwa Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharram, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’.

Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya“.

Ust Ghoni selaku pengurus MTGS, mengatakan,”Alhamdulillah ,kami dari pengurus bisa Menyantuni yatim piatu, itu untuk mensyukuri nikmat Allah, bukan hari raya dengan shalat. Tetapi hari raya dengan pakaian rapi dan memberikan makanan kepada para yatim.

Acara santunan ini di hadiri oleh para Ust dan Ustadzah pengurus majlis Talim yang ada di wilayah kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Acara di Tutup dengan Talkin Dzikir dan doa.(AW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 2