Webinar “Pemanfaatan Digitalisasi UMKM Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional”

FOKUSATU-Dengan mengambil tema“Pemanfaatan Digitalisasi UMKM untuk Pemulihan Ekonomi Nasional”Bakti Kominfo Dan DPR RI Mengadakan Webinar , melalui zoom meeting dan live YouTube SwaraSenayan, Kamis/ 19 Agustus 2021.

Bersama narasumber H. Teuku Riefky Harsya, MT. selaku anggota komisi I DPR RI,
Dr Ismail Cawidu, MSi selaku dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Isnaini Husda selaku Wakil Ketua DPRK Banda Aceh.

New normal atau kebiasan baru seperti memakai masker, jaga jarak, menghindari kerumunan, termasuk juga melakukan kegiatan dengan pemanfaatan teknologi digital.

H. Teuku Riefky Harsya, MT. selaku
Anggota Komisi I DPR RI mengatakan, ” Dampak Pandemi Covid 19 yang terjadi selama 2 tahun terakhir merubah pola hidup dan cara pandang.

Teknologi digital belum di manfaatkan maksimal oleh UMKM,karena itu pelaku UMKM maksimal kan lah teknologi digital seperti FB, IG, dll .

Saya mendorong pemanfaatan teknologi digital oleh pelaku UMKM khususnya di Dapil Aceh.

Sektor UMKM penyumbang sebanyak 60 %, ini belum di maksimal kan pemanfaatan teknologi digital,semoga acara ini bermanfaat khususnya sebagai pelaku UMKM, tutup nya.

Lebih lanjut Dr Ismail Cawidu, MSi selaku dosen UIN Syarif Hidayatullah mengatakan, Pemanfaatan Digitalisasi UMKM untuk mendukung ekonomi Nasional

Jumlah UMKM terhubung ke ekosistem digital selama 8 tahun sebelumnya sampai pandemi, baru 8 juta pelaku usaha yang sudah onboarding. Selama pandemi covid-19, ada kenaikan yang sangat luar biasa. Per Mei 2021, sudah 13,5 juta. Jadi, sekarang totalnya sudah 21%,”. Disatu sisi pandemic covid-19 adalah “musibah”, tetapi bagi UMKM adalah “berkah”, karena jumlah UMKM meningkat.

Kenaikan ini terjadi karena selama pandemi covid-19, interaksi UMKM dengan ekosistem dan pasarnya dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi diera digital ini. Oleh karena itu digitalisasi bagi UMKM adalah suatu upaya untuk mempercepat pertumbuhan UMKM yang diharapkan dapat memulihkan Ekonomi Nasional.

Digitalisasi diharapkan dapat mengantisipasi berbagai perubahan ke depannya. Selain itu, memastikan produk UMKM menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan semakin berdaya di pasar global. Syaratnya, digitalisasi UMKM harus menjadi agenda kolektif bangsa, tutup nya

Isnaini Husda selaku narasumber terakhir mengatakan bahwa transformasi berbasis digital akan mendukung akselerasi pengembangan UMKM.

Perkembangan ekonomi dan keuangan digital yang pesat telah menumbuhkan berbagai platform digital.

Pemanfaatan platform digital dapat mendorong UMKM yang lebih kuat melalui peningkatan kapasitas yang lebih productive, innovative serta memfasilitasi perluasan akses UMKM baik pada marketplace dan industri , sehingga dapat membantu memulihkan ekonomi nasional, tutup nya.(AW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 48 = 50