Senjata Perang Dunia Ke II Di Temukan Di Depok

FOKUSATU – Anak dari mendiang Nipan Syahrul, seorang veteran Pejuang Kemerdekaan RI, Syahrul (60) melaporkan kepada Babinsa Pengasinan, Serka Wardani perihal senjata yang pernah ditimbun ayahnya puluhan tahun lalu.

Atas laporan tersebut, Denzipur III Kodam Jaya segera ke lokasi lakukan pengamanan. Hasilnya senjata dan amunisi yang tertanam di lahan di bawah pohon bambu di Jalan H Maat, Gang Mushola Insan Kamil, RT 4/2, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Depok, Jumat (6/4/2018) berhasil diangkat.

“Jadi yang baru ditemukan tadi adalah satu pistol mitraliur beserta tiga magazine kosong tanpa peluru. Saat ini anggota masih terus melakukan pencarian di lahan kosong,” kata Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iskandarmanto, di lokasi temuan senjata, Jumat (6/4/2018) sore ini.

Komarudin, menantu Nipan, mengatakan lahan kosong yang selama ini ditanami pohon bambu rencananya akan ditanami pohon lain yang lebih bermanfaat.

“Karena lahan akan kami garap, kami teringat pesan engkong Nipan, bahwa di lahan di sana itu beliau pernah menanam senjata dan amunisi bekas perang,” kata Komarudin.

Karenanya kata Komarudin ia melaporkan hal itu ke Babinsa Kelurahan Curug, Serka Wardani. “Kebetulan saya bekerja di kelurahan Curug, makanya saya laporkan dan minta tolong ke Babinsa Curug Wardani,” katanya.

Menurut Komarudin, mertuanya menanam senjata dan amunisi itu antara tahun 1965 sampai 1970.

Lebih lanjut Komar mengatakan, ditanamnya setelah Gestapu antara 1965 sampai 1970. Jadi sudah sekitar 50 tahun senjata dan amunisi itu tertanam,” katanya.

Babinsa Kelurahan Curug, Serka Wardani mengatakan setelah menerima laporan Komarudin, pihaknya melaporkan ke atasannya Danramil Sawangan yang meneruskannya ke Dandim Depok.

“Dan akhirnya kami tindaklanjuti laporan pak Komarudin dengan coba mengangkat senjata dan amunisi yang di tanam,” kata dia. (Rudi.hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 6 = 3