Ziarah Makam Lafran Pane, Presdium KAHMI Romo Syafii: Beliau Memiliki Peran Besar Membentuk Peradaban Bangsa

FOKUSATU– Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI), Romo H. R. Muhammad Syafii, SH, M.Hum berziarah ke makam pendiri HMI, Prof Lafran Pane, Selasa 27 Desember 2022.

Kunjungan Romo Syafii ke kota kelahiran HMI di Yogyakarta merupakan kunjungan pertamanya pasca terpilih sebagai Presidium KAHMI bulan lalu.

Dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Romo Syafii didampingi beberapa alumni HMI, George Edwin, Junisab Akbar dan Faisal Prabowo.

Romo Syafii mengungkapkan keharuannya usai ziarah ke makam pahlawan Prof Lafran Pane.

“Saya selalu saja terharu ketika berziarah ke makam pahlawan. Bagi saya pahlawan adalah identik dengan mereka yang mengerahkan dengan segenap kemampuannya berkorban, bekerja keras untuk kehidupan bangsa yang lebih baik,” kenang Romo Syafii.

Romo Syafii mengungkapkan pencapaian dirinya saat ini selain ditempa di bangku pendidikan formal juga karena bagian dari tempaan organisasi HMI.

“Saya hari ini jadi anggota DPR RI tentu karena ilmu yang saya miliki terdiri dari ilmu yang saya dapatkan di sekolah dan kaderisasi kepemimpinan HMI,” tandasnya.

Lebih jauh, Romo Syafii menyampaikan semua kader HMI saat ini patut bersyukur dan berterimas kasih ke mendiang Prof Lafran Pane.

“Saya kira setiap kita yang memiliki sesuatu sebagai lanjutan dari yang kita miliki lewat perkaderan dari HMI patut berterima kasih memberi takzim kepada almarhum,” lanjutnya.

Prof Lafran Pane, kata Romo Syafii, bukan hanya tokoh HMI melainkan merupakan tokoh bangsa yang sudah berkontribusi besar dalam peradaban bangsa Indonesia.

“Pemerintah kita pun mengakui karyanya sehingga ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Saya berbahagia dan sangat terharu bisa ziarah ke makam beliau dalam kapasitas saya hari ini sebagai anggota Presidium Majelis Nasional KAHMI,” imbuhnya.

Lebih jauh, Romo Syafii secara khusus mendoakan kader-kader HMI agar memiliki spirit kebangsaan yang mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa sesuai tujuan HMI yakni mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT.

“Semoga semangat yang beliau torehkan untuk pejuang-pejuang bangsa kedepan lewat HMI mendapat pertolongan Allah untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia,” tutupnya.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *