Teknik Elektro UNJ Lakukan P2M KKN BUMDes Desa Bojong Koneng Bogot

FOKUSATU– Baru-baru ini Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universi Negeri Jakarta Kembali menyelenggarakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis Kuliah Kerja Nyata (P2M-KKN) bagi anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Jawa Barat (Selasa 1 November 2022). P2M-KKN merupakan salah satu program unggulan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M-UNJ) yang menerjunkan mahasiswa secara langsung dalam melalukan pendampingan kepada masyarakat.

Dalam sambutannya Asep Afrizal selaku bendahara divisi perdagangan Bundes yang datang mewakili ketua Bumdes menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya tempatnya di pilih menjadi lokasi kegiatan, mengingat kepengurusan BUMDes nya belum lama terbentuk memerlukan banyak masukan dalam mengelola Bumdes agar bisa lebih produktif, lebih lanjut Asep Berharap agar kegiatan ini bisa berlangsung berkelanjutan, mengingat anggotanya masih butuh banyak tambahan pengetahuan dan skill dalam menjalankan BUMDes nya agar dapat berjalan dengan baik.

“Kami sangat bersyukur pihak UNJ berkenan menjadikan BUMDes kami sebagai lokasi kegiatan, kebetulan kepengurusan BUMDes kami belum lama ini terbentuk, sehingga kami masih butuh banyak ilmu dan keterampilan untuk menunjang program-program yang telah dibuat, kami juga berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan di tahun depan” Ujar Asep
Di tempat yang sama.

Lukman selaku bagian Kesra Desa Bojong Koneng yang datang mewakili kepala desa menyampaikan terima kasih kepada pihak UNJ khususnya Prodi PendidikanTeknik Elektro yang berkenan singgah di desanya, baginya suatu berkah pihak UNJ mau berbagi ilmu tentang Pemasangan Solar Cell dan Marketplace guna mendukung perkonomian masyarakat Desa Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor.

“Kami selaku Desa Bojong Konong menyampaikan terima kasih atas kehadiran pihak UNJ khususnya Prodi Elektro, satu keberkahan mau berkunjung dan berbagi ilmu tentang solar cell dan market guna mendukung perkonomian masyarakat Desa Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor’ ujar Lukman saat sambutan.
Dalam kesempatan yang sama Parjiman selaku penanggung jawab kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi menyampaikan bahwa di Desa Babakan Madang UNJ melalui Program P2M KKN akan memberikan dua pelatihan yakni Pelatihan Pemasangan PLTS (Prof. Suyitno/Imam A.R) dan Pelatihan Implementasi Marketplace Dalam Mendukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor (M. Rif’an/Nur Hanifah) dengan peserta utama para anggota dan pengurus Bumdes.
“di Desa ini kami dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro UNJ akan memberikan dua pelatihan sekaligus yakni Pelatihan Pemasangan PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga dan Pelatihan Implementasi Marketplace Dalam Mendukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa dengan target peserta seluruh anggota dan pengurus Bumdes yang setahu saya baru dilantik beberapa minggu yang lalu” ujar Parjiman.

Sementara itu M. Subekti selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Teknik Elektro UNJ dalam sambutanya menyampaikan bahwa setiap tahunnya Program Studinya melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyakarat sebagai bentuk tanggung jawab Tri Dharma Perguruan Tinggi. Di tahun yang sama prodinya juga melaksanakan Pengabdian di Desa Pantai Mekar Muara gembong Bekasi Jawa Barat. lebih lanjut M. Subekti berharap agar kegiatan ini bisa memberikan manfaat nyata bagi masyarakat khususnya bagi pengurus Bumdes Desa Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor.

“Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sebagai bentuk tanggung jawab Tri Dharma Perguruan Tinggi, di tahun ini juga kami melakukan pembinaan bagi guru dan masyarakat Desa Pantai Mekar Muara gembong Bekasi Jawa Barat, semoga kegiatan ini bisa memberi manfaat khususnya bagi pengurus Bumdes. Ujar M. Subekti dalam sambutannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *