Tekan Penyebaran Covid-19 Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor Perketat PPKM Mikro Hingga Masuk Desa

FOKUSATU-Meningkatnya kembali kasus Covid-19 saat ini sangat memprihatinkan banyak pihak, dan membuat Pemerintah harus bekerja ekstra.

Tak terkecuali Pemerintah Kabuten Bogor juga harus bertindak ekstra ketat dalam melaksanakan PPKM Mikro diwilayah Kabupaten Bogor.

Dalam menjaga warga nya Pemerintah Kabupaten Bogor beserta Jajaran Satpol PP akan perketat pelaksaan PPKM Mikro dan akan masuk kedesa desa dan pelosok yang berada diwilayah Kabupaten Bogor untuk mengawasi dengan ketat kegiatan masyarakat dalam melaksanakan protokol lesehatan diwilayahnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor Agus Ridho mengatakan pihak nya akan menerjunkan personil nya sebanyak 435 anggota keseluruh desa dan kelurahan sekabupaten Bogor untuk melaksanan tugas tersebut, “Setiap satu desa satu personel kita tempatkan”, kata Agus saat ditemui di Cibinong Selasa (15/06/2021).

Para personel tersebut akan berkordinasi dengan Polsek setempat dan Babinsa serta Babinkamtibmas juga dengan Kepala Desa dan pihak-pihak terkait lainnya.

Setiap personel akan menyisir sampai ketingkat RT dan RW hingga pengawasan terhadap fasilitas publik untuk memastikan tidak ada kerumunan serta pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Agus menjelaskan pihaknya akan mengawasi dimana ada kegiatan atau kermunan, “Ya artinya sudah disesuaikan aturan kalau misalnya contoh ada hajatan kerumunan ya dikontrol dan disitu kita pastikan prokesnya sesuai langkah-langka, kalau disana terbukti melanggar nanti kita tindak”, katanya.

Untuk itu Agus memohon kepada warga Kabupaten Bogor karena dalam beberapa hari belakangan ini terjadi peningkatan junlah kasus harian positif Covid-19.

Agus berharap semoga dengan pola seperti ini dapat menekan kenaikan kasus Covid-19, “Mudah-mudahan dengan pola ini bisa menekan laju kenaikan kasus Covid-19, karena sebetulnya kan kita lebih kepada bagaimana didesa ini PPKM efektif yaitu dengan cara Satpol PP masuk desa” katanya.

Fungsi Satpol PP masuk desa ini adalah sebagai pelaksanaan pengawasan dan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Mikro.

Agus mengaskan bahwa PPKM Mikro ini akan jauh lebih ketat dengan cara diawasi setiaphari.

Sebelumnya Bupati Ade Yasin memberikan perintah dalam tugas khusus kepada Stuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro.

Ade Yasin menugaskan Satpol PP Kabupaten Bogor untuk menjaga setiap desa dan Kelurahan untuk memastikan masyarakat akan kepatuhannya menjalankan protokol sehatan guna memutus rantai Covid-19 diwilayah Kabupaten Bogor.

Ade Yasin menjelsakan dirinya sengaja mengumpulkan kekuatan lewat apel bersama untuk lebih cepat merespon apabila ada peningkatan kasus Covid-19, “Sengaja kami mengumpulkan kekuatan lewat apel bersama ini demi menambah kekuatan untuk lebih cepat lagi merespon apabila terjadi kasus yang signifikan sehingga laporannya lebih cepat, nantinya Satpol PP akan disebar ke 435 desa/kelurahan, yakni 416 desa dan 19 kelurahan”, jelasnya saat memimpin apel bersama Satpol PP Kabupaten Bogor di Lapangan Tegar Beriman Senin (14/06/2021).

Dalam apel tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Bogor AKBP Harun serta perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor.
(JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *