SMPI AL-AZHAR KELAPA GADING GELAR LITERACY CHARITY PROGRAM

FOKUSATU– SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta sebagai salah satu sekolah unggulan di DKI Jakarta baru-baru ini menyelenggarakan Literacy Charity Program (LCP), program bantuan yang ditujukan kepada sekolah-sekolah kelas menengah ke bawah ini dikhususkan pada bantuan pemenuhan buku-buku sekolah dan bacaan bagi anak-anak setingkat SLTP di wilayah pinggiran ibu kota.

Pada tahun ini SMPI Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta melalui program ini menghibahkan ratusan buku-buku teks dan bacaan yang dikemas dalam 30 dus kepada SMP Islam Madinatul Ilmi Desa Pantai Mekar Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMPI Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta, Wati Fatmawati, M.Pd. menyampaikan bahwa program ini sebagai bentuk pengembangan dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang selama ini masih terbatas pada kegiatan internal sekolah dan fokus pada pengembangan kemampuan literasi siswa. Melalui kegiatan Literacy Charity Program yang dilaksanakan tahun pelajaran 2022/2023 ini diharapkan dapat menjadi aktivitas peduli literasi yang mampu meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak SMP. Lebih lanjut Wati menyampaikan terima kasih kepada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro yang berkenan mambantu dalam proses penyaluran bantuan tersebut.

“Program ini merupakan pengembangan dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang selama ini masih sebatas pada internal sekolah dan fokus pada pengembangan kemampuan literasi siswa, kami berharap kegiatan ini diharapkan dapat menjadi aktivitas peduli literasi yang mampu meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak SMP. Kami juga ucapkan terima kasih pada pihak Prodi Pendidikan Teknik Elektro UNJ yang berkesempatan membantu dalam penyaluran bantuan ini” Ujar Wati Fatmawati saat ditemui saat serah terima bantuan.
Dalam kesempatan yang sama M. Subekti, MT. selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Teknik Elektro menyampaikan terima kasih kepada pihak Yayasan Pendidikan Islam Al-Azhar Kelapa Gading khususnya SMPI Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta atas kepercayaanya dalam membantu sekolah binaannya. Lebih lanjut Subekti menyampaikan bahwa SMPI Madinatul Ilmi telah lebih 5 tahun lalu menjadi sekolah binaaanya dan sampai saat ini belum memiliki perpustakaan yang layak.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak Yayasan Pendidikan Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta, khususnya SMPI Al-Azhar Kelapa Gading atas kepercayaannya kepada kami untuk menyalurkan ratusan buku dalam 30 dus kepada sekolah yang kami bina, sekolah ini telah lebih dari 5 tahun dalam binaan kami dan memang saat ini belum memiliki perpustakaan yang layak” ujar M. Subekti.
Dalam kesempatan yang sama Ir. Drs. Parjiman, MT. selaku Penanggungjawab Program Pengabdian Masyarakat Prodi membenarkan telah menerima dan menyalurkan langsung kepada kepala sekolah SMP Islam Madinatul Ilmi Roby Sugara, S.Pd. lebih lanjut Parjiman menyampaikan bahwa ini kali kedua Prodinya membantu menyalurkan bantuan kepada SMP Islam Madinatul Ilmi setelah tahun sebelumnya menyerahkan bantuan buku-buku bacaan dari kampus dan hibah langsung dari Prof. Dr. Muzayanah Sutikno, M.Pd. Guru Besar emeritus Universitas Negeri Jakarta.
“Ya, ini kali kedua prodi kami membantu menyalurkan bantuan buku-buku bacaan ke SMP Islam Madinatul Ilmi, tahun lalu kami juga menyalurkan bantuan buku-buku bacaan dari kampus dan hibah dari Prof. Dr. Muzayanah Sutikno, M.Pd. Guru Besar emeritus UNJ, ujar Parjiman.
Dalam kesempatan berbeda Roby Sugara, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Islam Madinatul Ilmi menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak Yayasan Pendidikan Islam Al-Azhar Kelapa Gading, khususnya kepada SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta yang berkenan membantu sekolahnya, serta kepada pihak Universitas Negeri Jakarta khususnya Program Studi Pendidikan Teknik Elektro yang mambantu menfasilitasi proses penyerahan bantuan ini, lebih lanjut Roby menyampaikan bahwa saat ini buku-buku bacaan tersebut sudah dipergunakan anak didiknya melalui program literasi setiap hari sabtu.

“ Kami sangat berterima kasih pada Yayasan Pendidikan Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta, khususnya SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading yang telah memberikan bantuannya pada sekolah kami yang berada di pelosok ujung Bekasi ini, tak lupa juga kepada pihak UNJ dalam ini terima kasih pada Pak Subekti dan Pak Parjiman yang membantu mengupayakan bantuan ini. Alhamdulillah anak-anak sangat senang, saat ini buku-buku bacaan sudah dapat dimanfaatkan anak-anak melalui program literasi yang kami selenggarakan setiap hari sabtu”, ujar Roby. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *