Sitti Rakhma : Program Superman, Sinergitas Dan Tugas Bawaslu DKI Jakarta

FOKUSATU-Hal yang paling penting dari berjalannya roda kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM) sebagai mesin penggeraknya adalah proses pembinaan dan pengawasan. Ini juga berlaku bagi kelembagaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) secara struktural mulai dari tingkat pusat hingga paling bawah.

Di lansir dari humas Bawaslu DKI Jakarta, Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Sitti Rakhma menyadari betul betapa pentingnya proses pembinaan dan pengawasan terhadap kinerja seluruh jajaran pengawas pemilu dilingkungan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi DKI Jakarta.

Tatacara pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas Pengawas Pemilu secara rinci telah diatur oleh Bawaslu dalam Perbawaslu Nomor 15 Tahun 2020 yang selanjutnya diatur lebih teknis dalam juknis turunannya.

Sebagai implementasi dari penerapan Perbawaslu Nomor 15 Tahun 2020, Rakhma membuat dan menerapkan program Supervisi Mendadak (SUPERMEN) yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di Bawaslu Kota Jakarta Selatan, Selasa (14/12/2021).

Dalam kegiatan Supermen tersebut Rakhma memantau secara langsung bagaimana tingkat kedisiplinan, kehadiran dan pelaksanaan tugas jajarannya.

“Monitoring dilakukan untuk mengetahui bagaimana sinergitas dalam pelaksanaan tugas” tegasnya.

Rakhma turut menyampaikan bahwa sesuai dengan Perbawaslu Nomor 15 Tahun 2020, proses pembinaan dan pengawasan bisa dilaksanakan dengan berbagai macam cara.

” Berdasarkan Perbawaslu Nomor 15 Tahun 2020, tata cara pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pengawas pemilu bisa dilakukan dengan supervisi dan inspeksi mendadak oleh Bawaslu Provinsi terhadap Bawaslu Kabupaten/Kota” tambah Rakhma

Salah satu ukuran yang bisa dengan mudah dilihat adalah tingkat kehadiran pengawas pemilu ke kantor meski sedang tidak ada tahapan penyelenggaraan pemilu.

Kedisiplinan, Pelaksanaan Tugas, Penerapan Protokol Kesehatan, Kedisiplinan dan Kebersihan merupakan instrumen penting yang menjadi perhatian khusus Sitti Rakhma saat Supervisi.

Supermen merupakan terobosan penting yang dilakukan oleh Sitti Rakhma sebagai Koordinator Divisi SDM Bawaslu Provinsi DKI Jakarta untuk menyiapkan sumber daya pengawas pemilu yang berintegritas dan sinergitas dalam menjawab tantangan Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *