Sentra Gakkumdu Jaktim, Sosialisasi Tindak Pidana Pemilu Kepada Parpol Tingkat Kota

FOKUSATU– Dalam rangka menghadapi pelaksanaan tahapan pemilu serentak tahun 2024 yang tengah dilaksanakan, Bawaslu Kota Jakarta Timur mengadakan Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu dengan tema “Optimalisasi Konsolidasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024” pada kamis 24 November 2022.

Agenda ini dihadiri oleh unsur Kejaksaan Negeri Jakarta Timur dan Polres Jakarta Timur  yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu Jakarta Timur serta hadir peserta perwakilan DPC Partai politik calon peserta pemilu di wilayah Jakarta Timur.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Koordinator Sentra Gakkumdu Jakarta Timur Bapak Ahmad Syarifudin Fajar mengatakan bahwa tujuan agenda ini adalah untuk membangun kesepemahaman terhadap penegakan tindak pidana pemilu baik secara formil atau maupun materil dalam pemenuhan unsur-unsurnya dan menjadikan Sentra Gakkumdu sebagai wadah untuk menciptakan pemilu yang berintegritas dan demokratis.

Kemudian Ketua Bawaslu Kota Jakarta Timur Bapak Sakhroji dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa terdapat beberapa pelanggaran pemilu antara lain Pelanggaran Kode Etik, Pelanggaran Administrasi Pemilu, Tindak Pidana Pemilu dan Pelanggaran lainnya terkait Netralitas ASN, TNI dan Polri.

Berdasarkan Amanat UU No.7 Tahun 2017 Pasal 467, bahwa Sentra Gakkumdu dibentuk khusus untuk penanganan tindak pidana pemilu dalam tahapan pelaksanaan pemilu dan semua laporan mengenai tindak pidana pemilu harus disampaikan melalui pintu Bawaslu.

Agenda ini juga dilaksanakan untuk menandakan secara simbolis bahwa Sentra Gakkumdu Jakarta Timur telah siap untuk menjalankan tugas dan kewajiban yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan untuk menegakkan tindak pidana pemilu.

Pemahaman terhadap penanganan tindak pidana pemilu termasuk pemahaman penyelesaian pelanggaran administrasi juga harus disampaikan kepada Partai politik, sebagai kontestan dalam pemilu. Silahkan Partai politik bisa datang ke kantor Bawaslu Kota Jakarta Timur, Kami terbuka jika ada Partai politik akan melakukan konsultasi dan Koordinasi mengenai aturan aturan kepemiluan dan pengawasan,

Turut hadir Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Polisi Bapak Budi Sartono, SH, SIK, M.Han dalam sambutannya berharap agar pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 khususnya di wilayah Jakarta Timur dapat berjalan secara kondusif, aman, dan memenuhi keadilan pemilu. Selain itu Kapolres juga menegaskan bahwa peran Bawaslu dalam pemilu sangat penting. Karena kalau dalam sebuah pertandingan sepak bola, Bawaslu ini adalah wasitnya dan berpotensi disalahkan ketika pertandingannya selesai oleh peserta yang kalah dalam bertanding.

Dalam sesi materi, turut hadir juga kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur Bapak Ardito Mawardi, SH, MH yang menyampaikan pentingnya bagaimana sinergitas untuk menyepakati dan menyamakan persepsi kita dalam menangani pelanggaran tindak pidana pemilu. Terlebih lagi jika syarat formil dan materil sudah lengkap di awal maka pada pembuktian sampai seterusnya mudah dalam penanganannya. Maka hadirnya sentra gakkumdu tidak hanya pada awal penanganan tapi pada keseluruhan proses penanganan tindak pidana pemilu.

Selain itu Ardito juga menegaskan bahwa tindak pidana pemilu saat ini tidak dapat dilakukan Restoratif Justice sebagaimana perkembangan sistem peradilan pidana di Indonesia untuk beberapa tindak pidana tertentu.

Meskipun ancaman pemidanaan tindak pidana pemilu mayoritas dibawah 5 tahun. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan dalam penerapan Restoratif Justice dalam tindak pidana secara umum adalah upaya untuk pemulihan korban akibat pelaku tindak pidana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *