SDS Angkasa 12 Menggelar MPLS Virtual Kelas 1

FOKUSATU-Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek telah mengeluarkan ketentuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada masa pandemi.

MPLS dapat dilakukan secara daring dan luring tanpa tatap muka.
MPLS telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016. Pengenalan Lingkungan Sekolah ( PLS) meliputi pengenalan program, penanaman konsep pengenalan diri, pengenalan sarana dan prasarana, pembinaan awal kultur sekolah, dan pengenalan cara belajar.

SD Angkasa 12 yang berlokasi di Komplek Dirgantara II, Halim Perdana kusumah, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur mengadakan MPLS secara Virtual melalui aplikasi zoom meeting.

MPLS di mulai hari senin lalu, 12 Juli 2021 dan hari ini Rabu, 14 Juli MPLS untuk kelas 1 .

Acara di pandu oleh Ibu Dwi Anggraeni,S.Pd yang juga guru kelas 6b, acara di mulai dengan pembacaan doa oleh Bapak Anugrah Widhy,S.Fil.I selaku guru agama Islam.

Ibu Aam Nurdiana,S.Pd.I selaku Kepala Sekolah mengatakan ada 6 hal yang dapat dilakukan dalam memastikan siswa baru untuk mengenal lingkungan sekolah yang baik. Antara lain sebagai berikut:

1. Kenali potensi diri siswa baru melalui formulir profil siswa yang terdiri dari identitas, riwayat kesehatan, potensi/ bakat, serta sifat/ perilaku.

2. Berikan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif untuk mereka.

3. Tumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai, disiplin, hidup bersih dan sehat.

4. Bantu mereka beradaptasi dengan aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

5. Kembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.

6. Kepala sekolah bertanggung jawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengenalan lingkungan.

Lebih lanjut Bu Winarti,SPd selaku wakil kepala sekolah mengatakan penyelenggarakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini kita lakukan secara Virtual karena keadaan masih pandemi.

Kegiatan belajar mengajar nanti kita lakukan secara daring dan pembelajaran edukatif, kreatif, dan menyenangkan.Tutup Bu Winarti.

Acara MPLS ini juga di hadiri oleh
ibu ketua Yasarini Cabang lanud halim, yang diwakili oleh Bidin SD Halim Perdanakusumah yakni Ny. Ardita Didi Rahmat , pengawas SD
Binaan 4 Kecamatan Makasar Dra. Yayah Sakiyah, MPd , para guru dan karyawan SD Angkasa 12,Orang tua murid/wali murid, serta siswa/i kelas 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *