Puadi Pengawas Pemilu Terbaik Tahun 2017, Masuk Daftar Calon Anggota Bawaslu RI

FOKUSATUHari Kamis, tanggal 6 Januari 2022, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah menerima 10 nama calon anggota Bawasu RI dan 14 calon anggota KPU RI untuk periode 2022- 2027, hasil penilaian Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu Periode 2022- 2027.

Tahun 2024 merupakan tahun politik akan diselenggarakan Pemilu dan Pilkada Serentak, meskipun tidak dilaksanakan bersamaan tetapi dilaksanakan bulan yang berkelanjutan, Pemilu diperkirakan akan dilaksanakan bulan Februari 2024 dan dilanjutkan Pilkada serentak se Indonesia dilaksanakan Nopember 2024.

Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024, akan memunculkan kerumitan dan permasalahan tersendiri sebagaimana pengalaman Pemilu tahun 2019 dan Pilkada 2020, sehingga dibutuhkan anggota Bawaslu yang kuat, berpengalaman, dengan Integritas dan Profesionalitas yang tidak diragukan.

Diantara 10 calon anggota Bawaslu RI, ada nama Puadi yang saat ini menjabat sebagai anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Sesuai rekam jejak pengawasan,  Puadi bergabung dengan Pengawas Pemilu sejak tahun 2013 saat itu menjadi anggota Panwaslu Kota Jakarta Barat dan pada tahun 2017 pernah mendapat penghargaan kinerja Pengawasan Tahapan Terbaik se Indonesia oleh Bawaslu RI dan sebagai Pengawas Pemilu Terbaik oleh Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Meskipun bukan ber latarbelakang sarjana hukum tetapi sejak tahun 2017, selain menjadi Ketua Panwaslu Kota Jakarta Barat juga mampu mengampu Divisi Penanganan Pelanggaran sampai dengan saat ini sebagai Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Puadi pernah mengenyam pendidikan S-1 Universitas Negeri Jakarta (UNJ), S-2 Universitas Trilogi Jakarta dan Alumni Pendidikan Lemhanas Tahun 2020.

Selain menjalankan tugas sebagai Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, beliau saat ini sedang menempuh Program Doktor (S-3)Ilmu Politik Universitas Nasional di Jakarta.

Bawaslu sebagai badan pengawas pemilu yang mengawasi penyelenggaraan pemilu dan pilkada seluruh Indonesia, juga berperan mengawal proses pemilu dan demokrasi di Indonesia menjadi lebih baik, sehingga nanti dapat terpilih para pemimpin eksekutif dan pemimpin legislatif yang dikehandaki rakyat untuk mewujudkan cita-cita negara, mencerdaskan dan mensejahterakan rakyatnya.

Bagi Puadi sebagai angota Bawaslu harus menjiwai prinsip Integritas, Profesionalitas dan Responsip dalam menjalankan tugas dan kewenangan sebagai Pengawas Pemilu, prinsip tersebut menjadi pedoman etik dan perilaku yang harus dijalankan oleh seluruh jajaran Pengawas pemilu, agar dapat membawa Bawaslu Sebagai Lembaga Pengawas Pemilu selalu dipercaya oleh seluruh elemen Masyarakat dan Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *