Pengurus Yayasan Mengaku Sebagai Rosul Di Bandung

FOKUSATU-Pengurus sebuah yayasan mengaku diri nya sebagai Rosul yang ke 26.

Yayasan yang juga di jadikan sebagai pusat pendidikan dan latihan Da’i tersebut berada di wilayah Cijawura Kecamatan Buahbatu Kota Bandung.

Ratusan warga setempat yang resah kemudian mendatangi yayasan yang di beri nama Baiti Jannati tersebut Rabu malam (23/06/2021) untuk meminta yayasan tersebut di tutup karena keberadaannya meresahkan warga.

Warga menduga yayasan tersebut dijadikan tempat pelatihan aliran sesat yang mana pimpinan yayasan tersebut mengaku sebagai Rosul yang ke 26 yang membuat warga geram.

Polisi yang menerima laporan dari warga kemudian bergerak mendatangi yayasan tersebut untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan.

Selanjutnya polisi melakukan dialog antara warga dan pimpinan yayasan yang kemudian polisi mengamankan delapan orang pengurus yayasan tersebut.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung AKBP Adnan Mangopang yang ditemui wartawan Kamis (24/06/2021) menjelaskan pihaknya telah mengamankan delapan orang pengurus yayasan tersebut.

“Pimpinan pondok pesantren Cijaruwa Rancasari untuk sementara kita mengamankan delapan orang pengurus yayasan tersebut dalam arti kita untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi friksi atau gesekan antara warga dengan pengurus yayasan”, kata Adnan.

Adnan juga menjelaskan kalau warga meminta kelompok tersebut pindah dari wilayahnya.

“Karena memang tuntutan warga Cijaruwa menuntut supaya kelompok ini tidak melakukan aktifitas apapun disekitar lokasi dan segera pindah ketempat lain “, jelas Adnan.

Adnan mengatakan kedelapan orang yang diamankan telah dibawa ke Mapolrestabes untuk menjalani pemeriksaan lebih lebih lanjut, selain itu juga demi alasan keamanan dan pihaknya juga akan berkordinasi denga MUI dan pihak terkait lainnya dalam masalah ini.

“Saat ini masih menjalani pemeriksaan dan karena juga demi alasan keamanan pengurus tersebut kita minta mereka dan mereka bersedia untuk tidak kembali ketempat, sementara ini masih kita lokalisir yang delapan pengurus ini mereka bersedia untuk tinggal disekitar Satreskrim Polrestabes Bandung untuk beraktivitas di sini” katanya.

Sebelumnya beredar sebuah rekaman video yang diunggah di media sosial yang menampilkan seseorang yang mengaku sebagi Rosul yang ke 26, unggahan video yang berdurasi 9 detik tersebut diunggah di akun instagram @dapat_ccan yang kini sudah dihapus oleh pemiliknya.

Untuk saat ini polisi masih mendalami dan mengumpulkan bukti-bukti dari kasus tersebut, dan kasusnya kini ditangani oleh Polrestabes Bandung.
(JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *