Pendukung Habib Rizieq Shihab Bentrok Dengan Polisi

FOKUSATU-Ratusan massa pendukung Habib Rizieq Shihab (HRS) bentrok dengan polisi saat sidang pembacaan dakwaan atas perkara tes swab RS Ummi Bogor di Pengadilan Negri Jakarta Timur.

Bentrokan tersebut terjadi di Jalan Igusti Ngurahrai Pondok Kopi Kelender Jakarta Timur Kamis (24/06/2021).

Sebelumnya massa melakukan longmarch sambil bertakbir menuju Pengadilan Negri Jakarta Timur dan sempat membuat kemacetan panjang di sekitar Jalan I Gusti Ngurah Rai.

Polisi yang berjaga kemudian melakukan blokade agar massa tidak terus bergerak menuju Pengadilan Negri Jakarta Timur.

Bentrokan berawal saat massa mencoba menembus blokade polisi sambil melempari polsi dengan batu serta botol air mineral dan polisi bertindak dengan menembakan gas air mata serta menyemprotkan water canon kearah massa.

Beberapa saat kemudian sekitar pukul 10:30 WIB massa pun berhasil dipukul mundur oleh polisi dan terlihat polisi berdialog dengan beberapa perwakilan dari massa.

Dari bentrokan tersebut polisi mengamankan ratusan masa, polisi juga menangkap massa yang kedapatan membawa senjata tajam dalam bentrokan tersebut.

Kemudian massa yang tertangkap dibawa ke Mapolres Metro Jakarta Timur untuk diamankan dan untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

Salah seorang petugas kepolisian yang ada di lokasi kejadian mengatakan ada ratusan massa yang telah diamankan dan langsung di bawa ke Mapolres Jakarta Timur.

“Ada ratusan yang ditangkap langsung dibawa ke Mapolres Timur”, katanya.

Dikabarkan sebelumnya Kapolres Jakarta Timur telah mengamankan mobil yang diduga mengangkut puluhan massa simpatisan Habib Rizieq saat menuju ke Pengadilan Negri Jakarta Timur.

Akibat betrokan tersebut arus lalu lintas di sekitaran Pengadilan Negri Jakarta Timur dan Jalan I Gusti Ngurah Rai menuju Pondok Kopi Cakung Jakarta Timur dan jalan dan sebalik nya macet total.

Ismail (43) salah seorang warga sekitar Pengadilan Negri Jakarta Timur mengatakan kemacetan sudah mulai sekitar pukul 07:00 WIB pagi tadi akibat banyak massa yang berkumpul dan memarkirkan kendaraan dipinggir jalan.

“Macet udah dari pagi jam tujuhan banyak massa yang pada kumpul banyak yang parkir juga dipinggir jalan sini tuh”, katanya sambil menujuk deretan kendaraan yang terparkir.

Diketahui hari ini Kamis (24/06/2021) di laksanakan sidang putusan vonis terhadap Habib Rizieq Shihab atas kasus tes swab di RS Ummi Bogor dan hakim telah menjatuhi vonis terhadap Habib Rizieq Shihab dengan hukuman empat tahun penjara.
(JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *