Mengenal Lebih Dekat KH Khasanuri, MA Pimpinan Pondok Pesantren Al Fauzan Nusantara

FOKUSATU-Saat bertemu di Ponpes Al Fauzan Nusantara Jl. Gintung No.200 RT.11/02 Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan , KH Khasanuri , MA selaku pimpinan pondok pesantren menyambut ramah dan penuh keakraban silahturahmi media, ia di temani ustadz Musa tenaga pengajar di pondok pesantren tersebut,Selasa (10/01). 

KH. Khasanuri mengawali pembicaraan menyuguhkan air untuk di minum yang baru saja di antarkan santrinya ke ruangan tamu. Pondok Pesantren ini di dirikan oleh Bapak DR. H Gandung Troy Ir, M.Si sejak tahun 2009.

Berdirinya Pondok pesantren Al Fauzan Nusantara merupakan bentuk kepedulian rasa berkewajiban untuk berkhidmah dan berperan serta membangun masa depan bangsa khususnya umat Islam yang sedang menghadapi perkembangan dan kemajuan dunia dalam era globalisasi baik dibidang teknologi maupun informasi yang sangat memberikan pengaruh besar terhadap pola kehidupan manusia khususnya umat Islam.

Pesantren Alhamdulillah lebih awal berdiri, kemudian sekolah SMP dan SMK nya pada tahun 2014 yang juga namanya sama yaitu sekolah SMP/SMK Al Fauzan Nusantara setingkat Aliyah SMP dan setingkat Aliyah SMK-nya memiliki 21 tenaga pengajar. Nah kalau program di pesantrennya yaitu secara global lebih memfokuskan pembelajaran kajian kitab kuning. Kemudian kami mengedepankan bidang ilmu fiqih. Kemudian juga ada ilmu Nahwu sorofnya, Untuk kegiatannya adalah bada sholat subuh, kemudian di lanjutkan zikir, kemudian dilanjutkan kajian kitab.

Kitabnya berganti-ganti. “Kitabnya khatam ganti kitab yang lain. Saat ini yang sudah di kaji yaitu kitab Ziyadatul Hidayah yaitu kitab Akhlak Tassawauf. kemudian yang satu lagi kitab qotrul ghoits kitab Tauhid. kemarin Alhamdulillah baru saja mengkhatamkan Tafsir Yasin.” kata KH Khasanuri”.

Jadi mulai jam 05:30 WIB s/d jam 06:30 WIB kami di ponpes ini memberikan metode “Bandongan”, metode ini sudah di kenal di kalangan pesantren yaitu Kyai membaca kitab memberikan makna, memberikan penjelasan. Santri mendengarkan, kemudian membaca, mencatat makna-makna dari apa yang sudah di bacakan kyai “jelas Kyai Haji Khasanuri MA Lalu ada persiapan sekolah, memakai seragam, kemudian sarapan jam 07:30 s/d 13:30 itu kegiatan sekolah Tsanawiyah dan Aliyah.

Kita disini, kasih program penguatan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) untuk semua santri santri . Lebih lanjut Kyai Haji Khasanuri MA selaku pimpinan ponpes di dampingi ustadz Musa saat wawancara.

Berharap dan juga menghimbau serta mengajak para orang tua di mana pun berada juga khususnya generasi muda sekarang ini hendaknya para orang tua lebih memprioritaskan pendidikan anak sejak usia dini guna putra putri kita memperoleh kehidupan yang berkah kedepannya dan dapat membahagiakan kedua orang tuanya keluarga agama nusa dan bangsa serta mempunyai manfaat untuk kehidupan orang banyak yang Insya Allah mendapat Ridho Allah SWT , kata KH Khasanuri MA optimis(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *