Mengambil Hikmah Dari Keluarga Imran

FOKUSATU-Kita tentu mengetahui kisah keluarga Imran. Keluarga yang dibahas khusus dalam sebuah surat Al-Qur’an ini merupakan panutan bagi keluarga Muslim sepanjang masa. Imran dan istrinya, Hannah dikenal sebagai pribadi yang shalih dan sosok orang tua yang luar biasa.

Keduanya telah berusia lanjut saat dikaruniai seorang putri yaitu Maryam. Sejak ia tahu akan melahirkan seorang anak, Hannah tak putus berdoa dan bernazar agar buah hatinya kelak menjadi pejuang agama sebagai pelayan di Baitul Maqdis. “(Ingatlah), ketika istri Imran berkata, Ya Tuhanku, sesungguhnya aku bernazar kepada-Mu, anak yang ada dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang mengabdi (kepada-Mu), maka terimalah (nazar itu) dariku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. Ali Imran:35)

Sungguh mulia niat Hannah. Ia hanya menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang shalih dan hanya menghamba kepada Allah Ta’ala, bahkan sebelum anak tersebut lahir. Cita-citanya begitu besar dalam membentuk ketaatan dan ketaqwaan calon buah hatinya. Bunda dapat memetik hikmah berharga ini bahwa mendidik anak bisa dilakukan sejak sangat dini, disertai dengan doa yang tak henti.

Maryam pun tumbuh menjadi gadis yang shalihah sebagaimana doa dan didikan ibundanya. Ia menjadi ahli ibadah di Baitul Maqdis dan dinyatakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai wanita sempurna.

”Lelaki yang sempurna jumlahnya banyak. Dan tidak ada wanita yang sempurna selain ‎Maryam bintu Imran dan Asiyah istri Firaun. Dan keutamaan Aisyah dibandingkan ‎wanita lainnya, sebagaimana keutamaan ats-Tsarid dibandingkan makanan lainnya.” ‎‎(HR. Bukhari dan Muslim).

Nah, Bunda mau kan anak-anak kita kelak tumbuh menjadi pribadi yang shalih dan membanggakan?

Mari luruskan niat untuk membentuk akhlak anak yang terbaik. Lalu, terus arahkan anak untuk dekat dengan Allah sejak dini melalui membiasakan shalat, mengenalkan pada kisah-kisah teladan Nabi, serta mengajarkan membaca Al-Qur’an. Tak lupa, kirimkan doa terbaik untuk anak dalam setiap shalat.

Sumber : Kisah teladan islami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *