Lilik RP : Resensi Buku Sengketa Proses Pemilu Karya Mahyudin Komisioner Bawaslu DKI Jakarta

FOKUSATU-Dalam dinamika dan perkembangan demokrasi di Indonesia, saat ini sudah banyak mengalami tentang demokrasi itu sendiri sejarah nya merasakan yang namanya Demokrasi Liberal ( Demokrasi Parlementer), Demokrasi Terpimpin (demokrasi terkelola) dan Demokrasi Pancasila.

Dari tiga kali berpengalaman mengenai demokrasi apakah sebutan Demokrasi pada saat ini kalau boleh saya bilang Demokrasi Reformasi sangat mungkin setiap orang berbeda pemaknaannya.

Sudah 2 dekade kita menjalani demokrasi direformasi ini apakah sudah masyarakat merasakan dampak dari demokrasi itu sendiri atau sedang mencoba mencari gaya baru hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Buku ditangan saya ini adalah hasil pemikiran abangda Mahyudin Husen Nuswantara memberikan sebuah pemahaman tentang dinamika demokrasi di Indonesia dari susut yang epic yaitu “Sengketa Proses Pemilu Sejarah, Perkembangan dan Praktek” tentunya menambah pengetahuan bagi khalayak ramai satu instrumen dalam penegakan keadilan pemilu dan pilkada 2024 mendatang.

Berbicara mengenai pesta demokrasi, kedaulatan rakyat, pemilu, penegakan hukum pemilu dan menciptakan keadilan pemilu tentu bukan saja tugas satu dua lembaga saja, melainkan bergotong royong mewujudkan budaya politik yang baik, etika politik dan keberadapan dalam berpolitik, saya masih percaya partai politik, para elit negeri ini dan rakyat tidak ada yang setuju mengenai amoral politik serta disorientasi bangsa.

Menerima Buku ini dengan gembira karena sangat termotivasi selain itu disertai dengan tanda tangan penulis langsung.

Terimakasih.
Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *