KPU Jakarta Timur Sosialisasi Pemutakhiran Data dan Pemetaan Pemilih di TPS Lokasi Khusus

FOKUSATU– KPU Kota Jakarta Timur menyelenggarakan Sosialisasi Pemutakhiran Data dan Pemetaan Pemilih di TPS Lokasi Khusus pada Kota Jakarta Timur serta Sosialisasi Badan Ad Hoc dan Siakba ke Kelompok Pemilih di Tempat Khusus dan Disabilitas, bertempat di Hotel Harper Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur pada Selasa 22/11/22.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sub koordinator Urusan Tata Praja Bagian Pemerintahan Setko. Administrasi Jakarta Timur, perwakilan Sudin Dukcapil, Suban Kesbangpol, Kanwil Kementerian Agama, perwakilan Kapolres Metro dan Dandim 0505 Jakarta Timur, perkumpulan penyandang disabilitas, serta petugas pengelola panti sosial, lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan, rumah sakit, universitas/perguruan tinggi, serta pengelola apartemen/rusun yang berada di wilayah Kota Jakarta Timur. Turut hadir dalam acara ini Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta, Partono, Anggota Bawaslu Kota Jakarta Timur, Marhadi, Ketua KPU Kota Jakarta Timur, Wage Wardana, seluruh Anggota KPU Kota Jakarta Timur, Tedi Kurnia, Tri Endraningsih, Suhanda, Fahrur Rohman, serta Sekretaris dan pegawai Sekretariat KPU Kota Jakarta Timur.

Pemetaan TPS khusus untuk Pemilu 2024 ini merupakan upaya KPU dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas data pemilih, serta memberikan pelayanan yang optimal dalam pendataan pemilih, seperti yang disampaikan oleh Ketua KPU Kota Jakarta Timur, Wage Wardana, dalam sambutannya.

KPU Jakarta Timur ingin memperbaiki dan meningkatkan kualitas data pemilih, dengan dukungan dari para stakeholder, pemerintah, ormas, lembaga terkait, akan menyukseskan tahapan pemutakhiran data pemilih ini,” ujar Wage.

Selain itu, Wage juga menyampaikan undangan kepada para penyandang disabilitas untuk bergabung mendaftar menjadi badan ad hoc penyelenggara Pemilu.

Sementara Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta, Partono, dalam arahannya menyampaikan sesuai PKPU 7 Tahun 2022, KPU Kabupaten/Kota diberikan amanah dan pengusulan TPS di tempat-tempat khusus.

KPU menawarkan pelayanan apabila nanti tgl 14 Februari 2024 tidak bisa memilih di domisili tempat tinggal, maka bisa memilih di TPS khusus, dengan melakukan pendataan terlebih dahulu dengan petugas khusus dari pengelola lapas/panti atau rumah sakit,” jelas Partono.

Pada kesempatan ini, Anggota KPU Kota Jakarta Timur Divisi Perencanaan dan Data, Tedi Kurnia, menyampaikan materi mengenai alur pemutakhiran dan penyusunan data pemilih, kategori pendataan pemilih di lokasi khusus, tata kerja pemutakhiran di lokasi khusus, daftar potensial pemilih di lokasi khusus, serta jumlah data potensi pemilih yang berada di tempat-tempat khusus.

Peserta sosialisasi juga diberikan materi oleh Anggota KPU Kota Jakarta Timur Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Tri Endraningsih, mengenai mekanisme pembentukan dan persyaratan Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilu khususnya untuk kelompok pemilih di tempat khusus serta penyandang disabilitas.

Sumber : Penata Kelola Pemilu KPU Kota Jakarta Timur, LA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *