Komunitas Remaja 411 Cilungup Indah Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

FOKUSATU-Maulid Nabi merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal tahun Hijriyah. Perayaan maulid ini merupakan sebuah tradisi yang memang belum ada ketika Nabi masih hidup bahkan baru berkembang jauh setelah Nabi wafat. Tetapi secara substansi perayaan ini merupakan peringatan hari kegembiraan atas lahirnya Nabi Muhammad SAW. Kegiatan Maulid Nabi biasanya diisi dengan pembacaan ayat suci Al Quran, tahlilan, Doa bersama, dan Ceramah tentang hal-hal yang berkaitan dengan Nabi Muhammad SAW.

Banyak manfaat yang bisa diambil dengan adanya kegiatan Maulid Nabi ini, salah satunya yaitu kegiatan ini menjadikan masyarakat menjadi lebih mengenal Rasulullah SAW, dan mengingatkan kembali pada masanya Nabi Muhammad SAW telah berjuang dengan keras, bukan untuk dirinya sendiri akan tetapi justru untuk kemajuan Agam Islam dan kebaikan umatnya serta generasi-generasi berikutnya agar selamat dunia akhirat.

Maulid Nabi bukan merupakan sebuah bentuk ibadah taufiqiyah atau ibadah yang tata cara pelaksanaannya hanya dibolehkan mengikuti yang dicontohkan oleh Nabi, akan tetapi Maulid Nabi merupakan salah satu cara untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT karena di dalamnya terdapat amalan-amalan yang tidak melenceng dari yang di sunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. dan juga santunan Yatim Piatu dan dhuafa dengan tema “MAULID AGUNG” diselenggarakan oleh remaja 411 yang merupakan gabungan perkumpulan remaja RT 04 dan 011 pada hari Rabu, 17 November 2021 dengan lokasi di jalan lingkungan RT.011/RW.010 Duren Sawit Jakarta timur,acara ini dihadiri oleh segenap tokoh Masyarakat dan tokoh Agama setempat, antara lain : Santi Nur Rifiandini, Lurah Duren Sawit, Ustadz Drs. Muhammad Sa’ie, Ustadz Badruzzaman, SH, S.Pd.I, Ustadz Muhammad Hatta, SHI, dengan penceramah Dai Muda Sahabat Uje, Ust. Faisal Arifin atau yg dikenal UsFai. acara dihadiri oleh kurang lebih 300 orang jamaah ini berlangsung secara aman, lancar dan penuh khidmat,antusias para jamaah yang hadir semakin membuat acara semakin semarak.

Dalam sambutannya, Abdul Latif, SHI, Ketua RT.011/010 mengatakan bahwa acara ini digagas oleh perkumpulan Remaja yang ingin lingkungannya dikumandangkan dzikir tahlil, maulid dan Sholawat Nabi. Alhamdulillah dengan segala kegigihan dan dukungan dari berbagai pihak,maka terlaksanalah acara Maulid ini bahkan jama’ah yang hadir melebihi target yg direncanakan panitia,pada ceramah yang disampaikan oleh usfai berpesan kepada jamaah yang hadir agar bisa mengambil suri tauladan dari nabi salah satu dengan Maulid kita tingkatkan kecintaan kepada Rasulullah SAW dan menteladaninya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Juga mengajak para jamaah untuk datang ke majelis taklim sebagai wadah memperkuat pemahaman ilmu agama dan menguatkan silaturahmi.

Akhirnya acara di tutup dengan do’a yang di sampaikan oleh ustadz Ahyatullah sekitar jam 23.30,setelah menyantap hidangan yang disediakan panitia para jamaah dengan tertib meninggalkan tempat acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *