Ketum PB KAMI Apresiasi Kerjasama KPK Dan Polri Tangkap Lukas Enembe

FOKUSATU – Ketua Umum Pengurus Besar Komunitas Aktivis Muda Indonesia (PB KAMI) Sultoni memberikan apresiasi pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri yang telah menangkap Gubernur Papua Lukas Enembe yang terjerat kasus korupsi, Selasa (10/01). 

“Saya apresiasi kinerja KPK, Polri, Brimob yang telah melakukan penangkapan tersangka korupsi Lukas Enembe, Ini bukti KPK tidak tebang pilih dalam melakukan pemberantasan korupsi,” ucapnya.

Sultoni juga menyatakan KPK harus tetap objektif dalam kerja-kerja pemberantasan ini, meskipun banyak pro kontra dari adanya penangkapan gubernur papua tersebut.

Dia juga tidak lupa mengapresiasi Polisi untuk tetap menjaga kondisi papua tetap stabil tanpa adanya gejolak.

“Polisi tetap harus menggunakan pendekatan preventif dan humanis saat menangani potensi atau gejolak yang timbul pasca adanya penangkapan ini,” tegasnya.

Polri, sambung Sultoni, juga harus memastikan situasi papua tetap aman terkendali tanpa adanya kejadian apapun yang terjadi.

Sebelumnya, KPK menangkap Lukas Enembe. Dia ditangkap di salah satu rumah makan di Papua. Setelahnya, dia segera diterbangkan ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan intensif.

Lukas Enembe terseret kasus dugaan gratifikasi dalam proyek di Papua. Selain terjerat kasus korupsi, Lukas juga tengah dibidik terkait sejumlah transaksi mencurigakan pada rekening pribadinya dan keluarganya. Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) menyatakan telah menelusuri sejumlah aliran dana Lukas dan keluarganya.

Hasilnya, PPATK menemukan sejumlah transaksi mencurigakan seperti aliran dana ke kasino sebesar ratusan miliar rupiah. Selain itu Lukas dan keluarganya juga disebut melakukan transaksi pembelian barang-barang mewah di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *