JATTI Gelar Silaturahim Tokoh, Ini Yang Dibahas

FOKUSATU– Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) menggelar Silaturahim Tokoh di Hotel Sofyan Menteng, Jakarta Pusat, Ahad sore (4/12/2022).

Pertemuan ini dihadiri sekira 50 tokoh yang merupakan alumni yang pernah mengenyam pendidikan di Timur Tengah, seperti Ustaz Abdul Somad, Ustaz Bachtiar Nasir, Ustaz Zaitun Rasmin, KH Muhyiddin Junaidi, Hidayat Nur Wahid, dan lain sebagainya.

Silaturahim Tokoh JATTI berlangsung penuh dengan keakraban. Salah satu isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut terkait peran strategis alumni Timur Tengah membangun bangsa.

Menurut Hidayat Nur Wahid (HNW), para alumni Timur Tengah telah berkontribusi membangun bangsa sejak masa sebelum kemerdekaan Indonesia.

“Ternyata yang mempersiapkan Sumpah Pemuda, mempersiapkan kemerdekaan itu adalah alumni Timur Tengah. Di situ ada KH Mas Mansyur, di situ ada KH Kahar Muzakir. Ada juga Ahmad Surkati, pendiri Al Irsyad,” ujar HNW, alumni Universitas Islam Madinah, Arab Saudi yang saat ini menjabat Wakil Ketua MPR RI.

Sementara itu, Ketua Umum DPP JATTI Ustaz Bachtiar Nasir (UBN) mengatakan para alumni Timur Tengah yang berhimpun dalam JATTI bertekad melanjutkan perjuangan para pendahulu membangun bangsa.

“Keikhlasan serta perjuangan mereka demi lahirnya negeri ini, kami harus meneruskan perjuangan mereka,” kata UBN kepada media seusai acara.

Kemudian, UBN mengatakan JATTI juga berupaya turut serta untuk mengatasi persoalan krisis pangan, energi maupun resesi ekonomi global.

“Posisi JATTI adalah sebagai mitra pemerintah, serta pelayan umat dan bangsa,” kata UBN.

Pada Silaturahim Tokoh JATTI, disinggung pula soal pembelahan masyarakat karena perbedaan pilihan politik. “Kami sangat prihatin terjadi pembelahan. Dengan potensi yang ada, JATTI berupaya meredam pembelahan yang terjadi di masyarakat,” ujar UBN.

Dijelaskan UBN, guna mematangkan langkah-langkah membangun bangsa, JATTI merencanakan pertemuan tokoh secara berkala.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *