HUT Jambi, Membangun Kawasan Berbasis Ekonomi Kreatif & Penguatan SDM

FOKUSATU- Sebagai putra Jambi yang lahir, dibesarkan dan mengenyam pendidikan di Jambi, maka saya mendukung penuh visi misi *Jambi Mantap*. Visi yang menurut saya bagus dengan mendorong terwujudnya Jambi Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Professional di bawah Ridlo Allah. Dengan misi menguatkan tata kelola pemerintah, perekonomian masyarakat dan daerah, serta pemantapan kualitas sumber daya manusia.

Terkait dengan HUT ke-66 Provinsi Jambi, izinkan saya menyampaikan beberapa harapan dan pandangan saya:

1. Pembangunan Provinsi Jambi harus dengan pendekatan Kemanusiaan
Perkembangan global mendorong pemimpin negara dan daerah dari berbagai level, untuk bekerja dengan pendekatan kemanusiaan dan ramah dengan lingkungan/alam.
Pemimpin-pemimpin Provinsi Jambi saat ini dan ke depan di semua level tingkatan, sudah seharusnya mendorong pola pembangunan ke arah ini, sebagai visi besar untuk membangun Jambi. Tidak hanya infrastruktur, tapi juga sumber daya manusia dan sistem birokrasi di pemerintahan provinsi Jambi itu sendiri.

2. Menguatkan Akar Tradisi. Jambi merupakan provinsi dengan sejarah dan akar tradisi yang kuat. Kebudayaan Melayu di antaranya juga berakar dari kebudayaan dan sejarah Jambi. Kekuatan budaya Jambi ini harus menjadi fondasi filosofi untuk penguatan sumber daya manusia, juga karakter untuk promosi pariwasata dan industri kreatif.

3. Penguatan Ekonomi Kreatif. Saya telah bertemu dengan ratusan anak muda Jambi yang hebat. Mereka punya potensi di bidang penguatan ekonomi kreatif, dalam berbagai sektor: teknologi digital, seni, hingga _soft skills_ yang berkaitan dengan penguatan ekonomi kreatif. Mereka harus didukung dengan program pemerintah, pembentukan ekosistem digital, dan membantu penguatan pasar atas produk kreatif mereka serta jejaring/_networking_.

4. Penguatan Sumber Daya Manusia Jambi, Masa depan Jambi ada di generasi muda dan anak-anak kita. Penguatan sumber daya dengan memberikan dukungan pendidikan, beasiswa hingga pelatihan-pelatihan yang meningkatkan _soft-skills_ untuk mereka menjadi penting. Kita harus berani berinvestasi untuk generasi muda Jambi, dengan memberikan dukungan pendidikan yang terbaik untuk mereka.

Penulis : Mohd Indrawan Husairi
Keluarga Besar Pondok Pesantren As’ad Jambi,
Bendahara PP Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (2017-2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *