Elektabilitas Erick Thohir Bakal Mampu Mendongkrak Pasangannya

FOKUSATU – Peta kontestasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 kian menarik. Hasil survei Indikator Politik Indonesia, nama Erick Thohir menjadi calon potensial —baik untuk Capres maupun Cawapres. Elektabilitas dan popularitas Menteri BUMN tersebut meningkat tajam.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa dari simulasi 19 nama, kami mendapati jika elektabilitas Erick Thohir sudah menyamai Sandiaga Uno di angka 2,4 persen.

Kenaikan elektabilitas Erick Thohir merupakan sesuatu yang baru. Pasalnya, hasil survei pada bulan Februari lalu, elektabilitas Erick Thohir baru berada di angka 1,3 persen dalam simulasi 19 nama.

Ketika itu, Erick masih berada di belakang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (2,6 persen) dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (2 persen). Kini, elektabilitas Erick berada di atas Khofifah dan Tri Rismaharini. Itu karena elektabilitas Khofifah berada di angka 1,9 persen, sementara Tri Rismaharini 1,3 persen.

“Kenaikan elektabilitas secara drastis dalam durasi yang tak terlalu lama ini sesuatu yang baru. Ada banyak penyebabnya, salah satunya terkait kinerja Erick Thohir yang dinilai paling bagus di antara menteri lainnya,” kata Burhan kata Burhan saat memaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Publik atas Kinerja Pemerintah, Prospek Partai Politik dan Calon Presiden 2024 secara virtual, Selasa (26/4/2022).

Rupanya, tingkat pengenalan dan ketersukaan masyarakat terhadap Erick Thohir juga tinggi. Dalam catatan Indikator, tingkat pengenalan masyarakat terhadap Erick Thohir mencapai 53,6 persen, dengan tingkat kesukaannya sebesar 75,9 persen.

Jika tren elektabilitas dan tingkat pengenalan dan ketersukaan terus meningkat, maka Erick Thohir memiliki kans besar masuk dalam bursa Capres atau Cawapres. Apalagi, dari simulasi sejumlah nama, Erick selalu masuk sebagai pilihan masyarakat, baik sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.

Melihat tren kenaikan elektabilitas dan tingkat pengenalan dan ketersukaan, Ketua DKW Get One Jawa Barat Eka Hagusta memprediksi bahwa besarnya peluang Erick Thohir dalam bursa Capres atau Cawapres, bakal mampu mendongkrak pasangannya sekaligus menjadi penentu “kemenangan”.

“Saya memprediksi bahwa Erick Thohir tidak hanya mampu mendongkrak pasangannya, namun juga berpotensi menjadi penentu dalam peta kontestasi menuju Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024,” ujar Eka Hagusta kepada Fokusatu, Kamis (28/4/2022). (S. Nursa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *