Dr Moh B Ali Sya’ban : Mewujudkan Mimpi Indah Ibukota Negara”Nusantara” Yang Berkelanjutan

FOKUSATU-Berbicara mengenai Ibu Kota Negara Bartolini (2005) mengatakan bahwa ibu kota negara merupakan komponen yang signifikan menggambarkan identitas nasional, sebagai lokasi kekuasaan suatu negara atau merepresentasikan besarnya kuasa suatu negara, dan juga sebagai titik fokus dari keberadaan kelompok pendukung, konflik serta kohesi antar kelompok yang membentuk suatu negara/bangsa.

Ibu kota negara juga merupakan pusat politik, memiliki fungsi penting dalam perdebatan kekuasaan guna melegitimasi kekuasaan tersebut.

Pengembangan ibu kota baru biasanya dikaitkan dengan berbagai perkembangan isu-isu mengenai pembangunan kota dan kebutuhan bangsa tentu yang mendasari dari pertimbangan-pertimbangan akan pemindahan suatu ibu kota tersebut. Paradigma perencanaan dan dari pengembangan kota baru selanjutnya akan hadir sebagai bentuk salah satu pertimbangan akan penting dalam pengembangan ibu kota Negara yang melanjukkan akan ada pemindahan Ibu Kota yang tentu didasarkan dengan alasan-alasan yang masuk akal dan rasional.

Sebagai tujuan dari pembangunan IKN tentu melihat pada karakteristik kota modern (modern city) di mana ibu kota tersebut adanya masyarakat modern yang memiliki tujuan masa depan bersama yang pasti berpikir lebih jauh ke depan (forward thinking) sehingga ditindak lanjuti dengan upaya-upaya berbagai inovatif melalui pemanfaatan teknologi dalam perencanaan dan pengelolaan kota, perancangan dan penataan bangunan, serta dalam mengatasi permasalahan sosial perkotaan, hal Ini tentunya tidak lepas dari sustainable development.

Sebuah ekosistem perkotaan yang berkelanjutan mengelola sumber daya alamnya dalam “loop tertutup” dengan meminimalkan risiko kerusakan lingkungan sekaligus mengontrol arus sumber daya dan mengurangi energi. Ini memastikan keadilan lingkungan dalam hal penggunaan ekosistem perkotaan secara bersama sambil menyeimbangkan kualitas lingkungan terhadap pemanfaatan sumberdaya, (Didem, Tan, Dawes, 2010).

Konsep pembangunan lingkungan yang berkelanjutan (ESD) yang didefinisikan sebagai ‘integrasi aktivitas manusia ke dalam sistem alam dengan memastikan keberlanjutan jangka panjang dari sistem ini.
Sustainable city Brundtland Report dalam sidang PBB tahun 1987 mendefinisikan pembangunan berkelanjutan sebagai proses pembangunan yang berprinsip memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasi yang akan datang. Ibu Kota Berkelanjutan juga dapat didefinisikan sebagai kota yang didesain, dibangun, dan dikelola untuk memenuhi kebutuhan warga kota dari aspek lingkungan, sosial, ekonomi, tanpa mengancam keberlanjutan sistem lingkungan alami, terbangun, dan social.
memberikan ruang gerak bagai masyarakat dan juga untuk generasi akan datang dalam bentuk agenda dengan fokus perkembangan kota baru yang mengembangkan pola yang dikutip dari naskah akademik RUU tentang ibu kota Negara tahun 2020 yaitu:
• Pembangunan Perkotaan Berkelanjutan Untuk Kohesi Sosial, Inklusif, dan Mengakhiri Kemiskinan melalui penyediaan perumahan, air bersih dan pengolahan limbah serta ruang-ruang publik;
• Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Kota dan Peluang Peningkatan Kesejahteraan Secara Inklusif dan Berkelanjutan melalui transportasi terpadu dan terintegrasi, listrik dan teknologi telekomunikasi, energi terbarukan, serta
• Pembangunan lingkungan berkelanjutan dan kota yang berketahanan melalui ruang terbuka hijau yang mempunyai ketahanan terhadap bencana, pengelolaan sumber daya air, limbah dan sampah yang ramah lingkungan dan berjangka panjang, pelayanan dan pemanfaatan energi terbarukan pada infrastruktur, permukiman, industri, dan komersial, serta pengembangan teknologi untuk mendukung semuanya.

Konsep penataan ruang ibu kota negara nusantara sudah seharusnya menerapkan prinsip prinsip berkelanjutan. Jangan sampai mimpi indah memiliki pusat pemerintahan untuk generasi masa depan justru berbalik. Oleh karena itu, terus mengawal pembangunan ibu kota negara nusantara yang telah menjadi ketetapan bersama dalam UU nomor 3 tahun 2022 adalah kewajiban seluruh rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *