Dosen Dan Mahasiswa FH UPN Veteran Jatim Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Dan Anak

FOKUSATU-Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional (FH UPN) Veteran Jawa Timur melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat bertema sosialisasi pencegahan kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di Desa Pamotan kecamatan Porong Kabupaten sidoarjo pada hari jumat tanggal 12 November 2021.

Kegiatan ini dilakukan di Balai Desa Pamotan yang dihadiri oleh perwakilan dari masyarakat Desa Pamotan yakni Ibu-ibu kader PKK Desa Pamotan.

Program ini dilaksanakan oleh tim FH UPN Veteran Jawa Timur yang terdiri dari dua dosen yaitu Maria Novita Apriyani, Eka Nanda Ravizki yang dibantu oleh mahasiswa yaitu Bagaskara.

Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan dari Tri Dharma Pendidikan tinggi dan diharapkan dalam kegiatan ini dapat menumbuhkan serta meningkatkan kepekaan civitas academika terhadap masalah-masalah yang berkembang dalam kehidupan masyarakat khususnya kasus dan bentuk kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak.

Pada kegiatan pengabdian ini, tim FH UPN Veteran Jawa Timur berkesempatan untuk memberikan sosialisasi mengenai bagaimana langkah preventif menanggulangi kekerasan seksual. Seperti yang diketahui bahwa pandemi covid 19 yang masih melanda Indonesia, membuat angka kekerasan seksual meningkat. Bentuk-bentuk kekerasan seksual berbagai macam diantaranya perkosaan pencabulan, pelecehan seksual, marital rape, incest, kekerasan berbasis gender online,dll. Pelaku kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak saat kni banyak dilakukan oleh pacar, mantan pacar, suami, saudara, kerabat, ayah tiri, ayah kandung.

Kasus kekerasan seksual saat ini angkanya masih sangat minim yang berhasil dimejahijaukan dan pelakunya mendapat sanksi pidana. Dalam sosialisasi ini membahas mengenai jenis-jenis kekerasan yang dialami oleh peremuan dan anak, edukasi tentang tantangan dan upaya preventif menanggulangi kekerasan seksual. Selain itu, dibuka pula sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh masyarakat desa Pamotan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *