Di Hari Asyura, MPC Fahmi Tamami Jakarta Timur Menyantuni Yatim Piatu

FOKUSATU-Majelis sholawat dan dzikir MPC Forum Takmir Masjid dan Mushola Indonesia (Fahmi Tamami) Jakarta Timur Mengelar acara santunan anak yatim di sekretariat MPC Fahmi Tamami Jakarta Timur,Ciliitan ,Jakarta Timur. Kamis, 10 Muharram 1443 H /19 Agustus 2021.

Acara di mulai pukul 20.00 di awali dengan tawasul kemudian pembacaan Ratib Alathos di lanjutkan dengan pembacaan maulid Simthu durror .

Ust Maulana selaku ketua MPC Fahmi Tamami Jakarta Timur dalam sambutan nya mengatakan,”Bulan Muharram adalah musim kebaikan, momen yang baik untuk melakukan perdamaian, momen yang baik untuk meningkatkan amal, sedekah, menyantuni anak yatim, dan menolong mereka yang membutuhkan. Dan Alhamdulilah kami dari pengurus MPC Fahmi Tamami Jakarta Timur memberikan santunan anak yatim sebanyak 47 anak.

Al Mukarom Ustadz Firdaus Turmudzi,M.Hum menyampaikan tausiahnya, beliau katakan, ” Bulan Muharram ,bulannya Anak Yatim.

Ada empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT yaitu, bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Sejumlah ahli tafsir bahkan menyebut, amalan-amalan ibadah yang dilakukan selama empat bulan haram itu bakal dilipat gandakan pahalanya. Demikian pula balasan untuk perbuatan buruk pada 4 bulan ini, akan lebih besar. Hal ini seperti dijelaskan Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir: “Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipat gandakan perbuatan dosa di samping melipat gandakan perbuatan baik.

Kita Usahakan setiap datang bulan Muharram kita lakukan santunan anak yatim.

Dan pada malam ini tanggal 10 Muharram atau di sebut juga hari Asyura, hari nya anak yatim, oleh karena nya kita lakukan santunan yatim.

“Acara Santunan ini sebagai pembelajaran dan pembiasaan berbuat baik kepada anak yatim.

10 Muharram Disebut Hari Raya Anak Yatim Sebagian masyarakat Indonesia bahkan menganggap bahwa tanggal 10 Muharram (Asyura) adalah Hari Raya anak yatim.

Istilah Idul Yatama (Hari Raya anak yatim) sebenarnya hanyalah ungkapan kegembiraan bagi anak-anak yatim.

Momentum 10 Muharram dijadikan sebagai Idul Yatama, berdasarkan anjuran untuk menyantuni anak-anak yatim pada hari tersebut. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura.

Di mana pada tanggal tersebut, Beliau menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya. Kemudian dalam kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin disebutkan bahwa Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharram, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’.

Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya“.

Hari raya ini, adalah untuk mensyukuri nikmat Allah, bukan hari raya dengan shalat. Tetapi hari raya dengan pakaian rapi dan memberikan makanan kepada para yatim,tutup Ust Firdaus yang juga sekretaris MPW Fahmi Tamami DKI Jakarta.

Acara santunan ini di hadiri oleh pengurus MPW Fahmi Tamami DKI Jakarta,
Ustadz Agus selaku imam musholah Nur Ilan,Ustadz Rahmat Yamani, Ustadz Fahmi ,bapak Harto , Ustadz Rahmat Ilan serta para Ust pengurus Fahmi Tamami Jakarta Timur.

Acara di Tutup dengan Talkin dan Dzikir oleh Ustadz Maulana Syabani. (AW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *